Tantang Petahanan, PKB Usung Kerabat Gus Dur di Pilkada Kabupaten Malang

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
16 Agustus 2020 06:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, MALANG--Peta perpolitikan menjelang Pilbup Malang 2020 semakin memanas. Terbaru, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengusung Lathifah Shohib, kerabat Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, berpasangan dengan Didik Budi Muljono, bekas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kabupaten Malang, Ali Ahmad, optimistis mampu mengalahkan petahana M Sanusi-Didik Gatot Subroto. Pasangan yang diusung PDI Perjuangan itu telah lebih dulu mendeklarasikan maju dalam Pilbup Malang 2020.

BACA JUGA : Golkar-PKB Siap Usung Mayor Sunaryanto-Heri Susanto 

"Karena pada Pileg (Pemilihan Legislatif) kemarin suaranya (Lathifah) sudah cukup merata," katanya usai penyampaian SK (Surat Keputusan) DPP PKB di Kantor DPC PKB Kabupaten Malang, Sabtu (15/8/ 2020).

Sebelumnya, Lathifah Shohib terpilih sebagai anggota Komisi X DPR RI dari Dapil Jawa Timur V yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu dengan perolehan 109.992 suara.

Selain pertimbangan politis, lanjut Ali, sosok diklaim sebagai cucu pendiri Nahdlatul Ulama KH Bisri Syansuri, memiliki program-program yang menjanjikan. Terutama program di sektor pendidikan.

"Bu Lathifah membawa program yang lebih besar kepada dunia pendidikan yang haus dengan program di tengah pandemi. Jadi kesulitan untuk beli pulsa, macam-macam. Ini solusinya Bu Lathifah yang menyuarakan di pusat," jelasnya.

Ia menambahkan, Didik Budi Muljono dipasangkan mendampingi bukan tanpa pertimbangan. Pernah menjabat Sekda Kabupaten Malang jadi modal penting tentang seluk beluk kinerja di pemerintahan.

BACA JUGA : PILKADA BANTUL: PDIP-PKB Masih Berburu Parpol untuk

"Pertimbangannya, dia (Didik) pernah menjadi kepala dinas, sekda dua periode, ini cukup paham tentang kabupaten dan pemerintahan. Saya pikir dia akan lebih bersahabat," pungkasnya.

Sumber : Antara