Perintah Jokowi Terkait 2 Pekan Fokus Kampanye Masker Tuai Dukungan

Kegiatan pembagian masker di salah satu titik Kota Jogja. - Ist.Dok
05 Agustus 2020 14:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Instruksi Presiden Joko Widodo terkait kampanye masker dengan fokus selama dua pecan menuai dukungan dari sejumlah ormas. Di Jogja, Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan TNI-Polri (GM FKPPI) DIY mendukung instruksi itu dengan turun langsung ke jalan melakukan edukasi dan pembagian masker.

Ketua Pengurus Daerah XII GM FKPPI DIY Faried Jayen Soepardjan menyatakan menilai instruksi Presiden Jokowi sangat penting untuk dilaksanakan, sehingga ia mengajak anggotanya untuk melakukan kampanye masker selama dua pekan ke depan.

BACA JUGA : Jokowi Minta Dua Pekan Kampanye Penggunaan Masker 

“Sebagai bentuk dukungan kami kepada instruksi Bapak Jokowi, maka kami akan melakukan kampanye masker ini selama 14 hari, terhitung sejak Selasa 4 Agustus, begitu ada instruksi, sorenya kami turun bagikan masker di kawasan Tugu Jogja,” katanya, Rabu (5/8/2020).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kampanye penerapan protokol kesehatan dilakukan bertahap. Lebih lanjut, Presiden mengarahkan bahwa dalam dua pekan ke depan kampanye difokuskan pada pemakaian masker. Dua pekan setelahnya baru menjaga jarak dan seterusnya.

"Mungkin dalam dua pekan ini kita fokus kampanye mengenai pakai masker, nanti dua minggu berikut kampanye mengenai jaga jarak atau cuci tangan, tidak dicampur langsung urusan cuci tangan, urusan jaga jarak, urusan tidak berkerumun, dan pakai masker," kata Jokowi saat membuka Rapat Terbatas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dikutip Antara, Senin (3/8/2020).

BACA JUGA : Masker Bisa Kurangi Ancaman Penularan Covid-19 Hingga

Jayen menilai perintah presiden itu layak didukung di tengah kasus Covid-19 yang terus naik datanya. Apalagi saat ini masyarakat tampak mulai berkurang kedisiplinannya untuk memenuhi protokol kesehatan. Berbeda dengan saat awal kasus Covid-19 masuk seperti pada Maret hingga April 2020. Melalui kampanye itu masyarakat diingatkan agar tidak terlena dan tetap waspada akan penyebaran virus corona.

“Selain membagikan masker kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar terus memakainya dan menaati protokol kesehatan serta memberikan botol air minum agar masyarakat bisa memanfaatkan dengan membawa air minum dari rumah yang lebih sehat,” ujarnya.

Sumber : Antara