Advertisement

Masker Bisa Kurangi Ancaman Penularan Covid-19 Hingga 65%

Andi M. Arief
Minggu, 10 Mei 2020 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Masker Bisa Kurangi Ancaman Penularan Covid-19 Hingga 65% Warga menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan di Jakarta. - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengimbau warga masyarakat, baik yang sakit maupun sehat, disiplin menggunakan masker.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan hal tersebut untuk menurunkan persentase penularan akibat adanya orang tanpa gejala (OTG).

Advertisement

Yuri menjelaskan OTG merupakan orang yang mengidap Covid-19, tetapi tidak memiliki gejala demam ataupun batuk.

"Phisical distancing dan memakai masker ini penting karena kita tidak pernah tahu di luar sana siapa yang jadi OTG," ujarnya ada Minggu (10/5/2020).

Yuri menyatakan seorang OTG yang tidak menggunakan masker dapat membuat persentase penularan Covid-19 mencapai 70%. Namun, lanjutnya, angka tersebut akan turun ke level 5% jika OTG memakai masker.

Dia menjelaskan droplet atau percikan ludah saat OTG berbicara, bersin, atau batuk akan tertahan oleh masker. Yuri tetap menganjurkan seluruh anggota masyarakat untuk menggunakan masker agar angka tersebut terus turun hingga ke level 1%.

Di sisi lain, Yuri menyampaikan bahwa disiplin dalam menggunakan masker dan arahan pemerintah lainnya penting lantaran vaksin Covid-19 belum ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement