Masker Bisa Kurangi Ancaman Penularan Covid-19 Hingga 65%

Warga menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan di Jakarta. - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha
10 Mei 2020 17:17 WIB Andi M. Arief News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengimbau warga masyarakat, baik yang sakit maupun sehat, disiplin menggunakan masker.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan hal tersebut untuk menurunkan persentase penularan akibat adanya orang tanpa gejala (OTG).

Yuri menjelaskan OTG merupakan orang yang mengidap Covid-19, tetapi tidak memiliki gejala demam ataupun batuk.

"Phisical distancing dan memakai masker ini penting karena kita tidak pernah tahu di luar sana siapa yang jadi OTG," ujarnya ada Minggu (10/5/2020).

Yuri menyatakan seorang OTG yang tidak menggunakan masker dapat membuat persentase penularan Covid-19 mencapai 70%. Namun, lanjutnya, angka tersebut akan turun ke level 5% jika OTG memakai masker.

Dia menjelaskan droplet atau percikan ludah saat OTG berbicara, bersin, atau batuk akan tertahan oleh masker. Yuri tetap menganjurkan seluruh anggota masyarakat untuk menggunakan masker agar angka tersebut terus turun hingga ke level 1%.

Di sisi lain, Yuri menyampaikan bahwa disiplin dalam menggunakan masker dan arahan pemerintah lainnya penting lantaran vaksin Covid-19 belum ditemukan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia