Hujan Deras Guyur Mekah Saat Penggantian Kiswah Penutup Kakbah

Kiswa Kabah
31 Juli 2020 10:17 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hujan deras mengguyur Mekah saat penggantian kiswah 9 djulhijjah 1441 kemarin.Hujan juga mengguyur wilayah arafat dan mina. Demikian disampaikan oleh akun twitter Haramainfo.

Penggantian kiswah sendiri dilakukan pada 9 djulhijjah atau sehari sebelum iduladha yang jatuh pada 10 dijulhijjah. Atas nama Raja Salman, Gubernur Makkah Pangeran Khalid Al-Faisal menyerahkan kain penutup Ka'bah yang baru, yang dikenal sebagai Kiswa pada hari Rabu kepada pengurus senior Ka'bah, Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi.

BACA JUGA : Arab Saudi Terbitkan Protokol Ibadah Haji 2020, Jemaah Tak

Ghilaf baru akan ditutup di Ka'bah pada Zilhaj ke-9 (yaitu) Hari Arafat setiap tahun. Kiswa diganti srcara reguler selama berabad-abad. Kiswa terdiri dari beberapa lapisan. Pertama berupa lapisan tertutup merah, sekali putih, sekali hijau dan saat ini dalam brokat hitam. Pakaian setinggi 14 m telah dibuat dari serat sutra murni, dihiasi oleh benang emas dan perak serta motif yang menggambarkan ayat-ayat dari Al-Quran.

BACA JUGA : Ini Alasan Kiswah Penutup Kakbah Diangkat Tiga Meter

Diperkirakan jutaan riyal telah dihabiskan untuk persiapan Ghilaf-e-Ka'bah oleh lusinan ahli tenun di sebuah pabrik khusus yang secara khusus dikhususkan untuk pembuatan Kiswa.

BACA JUGA : Masjidil Haram Dibuka, Ini 12 Skenario Ibadah Haji dan

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia