Advertisement

Penumpang Kereta Jarak Jauh Jauh Bisa Rapid Test di Stasiun-Stasiun Ini, Tarifnya Rp85.000

Anitana Widya Puspa
Minggu, 26 Juli 2020 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
Penumpang Kereta Jarak Jauh Jauh Bisa Rapid Test di Stasiun-Stasiun Ini, Tarifnya Rp85.000 Sejumlah petugas mempersiapkan diri untuk pemberangkatan KA Sritanjung di Stasiun Lempuyangan, Jogja, Jumat (12/6/2020) pagi. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penumpang sepur jarak jauh kini bisa rapid test Covid-19 di stasiun dengan biaya terjangkau. PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyediakan layanan tes cepat seharga Rp85.000 di berbagai stasiun bagi pelanggan kereta api (KA) jarak kauh.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan layanan rapid test akan tersedia di 12 stasiun, dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 s.d 19.00. Ke-12 stasiun tersebut ialah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Jogja, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang.

Advertisement

BACA JUGA: DIY Terasa Lebih Dingin Daripada Musim Hujan, Ini Penyebabnya..

Namun, pada tahap awal, layanan rapid test ini baru tersedia di Stasiun Pasar Senen mulai Senin, 27 Juli 2020. Sementara itu untuk stasiun lainnya secara bertahap akan menyediakan layanan rapid test tersebut.

"Pelanggan yang berhak melakukan rapid test di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA jarak jauh," jelasnya melalui keterangan resmi, Minggu (26/7/2020).

BACA JUGA: Warganet Ini Ingatkan Tata Cara Bertanya Alamat pada Warga Lokal di Jogja, Anda Sepakat?

Menurutnya layanan ini untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa adaptasi kebiasaan baru. "Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkannya [tes cepat]," imbuhnya.

Inovasi ini adalah hasil dari sinergi BUMN antara KAI dengan RNI melalui anak usahanya PT Rajawali Nusindo. Penyediaan layanan rapid test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api.

Kehadiran layanan ini diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

JJLS Bakal Ramai Setelah Tersambung Semua, Masyarakat Harus Siap Tangkap Peluang Usaha

Bantul
| Kamis, 22 Februari 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rayakan Imlek, Solo Safari Sambut Pengunjung dengan Beragam Acara Seru

Wisata
| Senin, 12 Februari 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement