Tertular dari Ibu, Bayi Baru Lahir di Sukoharjo Dinyatakan Positif Covid-19

Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik
24 Juli 2020 21:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SUKOHARJO -- Dalam sepekan terakhir, ada tiga bayi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, yang terpapar virus corona. Terkini, seorang bayi yang baru saja lahir di Sukoharjo terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sukoharjo mencatat ada dua bayi terkonfirmasi positif Covid-19 pada Senin (20/7/2020). Hal ini diungkapkan Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Jumat (24/7/2020).

Baca juga: Jadi Sarana Berpergian, Begini Cara Tepat Membersihkan Interior Mobil Selama Pandemi Corona

Yunia menyebut bayi berjenis kelamin laki-laki itu baru saja lahir beberapa hari lalu. Bayi tersebut mengalami demam dan sesak napas. "Bayi positif corona diduga tertular virus dari ibunya. Saat ini, bayi itu dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19," kata dia, Jumat.

Sebelumnya, dua bayi juga dinyatakan positif Covid-19 di Sukoharjo. Keduanya yang diduga tertular dari ibu mereka. Saat menjalani swab test, ibu bayi tersebut dinyatakan positif corona.

Yunia meminta para ibu hamil agar memeriksakan kondisi janin secara berkala. "Pemeriksaan kondisi kesehatan ibu hamil menerapkan protokol kesehatan. Dengan begitu bisa diketahui kondisi kesehatan janin dalam kandungan," ujar dia.

Baca juga: Jangan Pernah Mengeluarkan 5 Kalimat Ini Pada Anak

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo tersebut menyampaikan ada penambahan sembilan pasien positif baru per 23 Juli. Tujuh pasien positif baru merupakan tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di rumah sakit di Sukoharjo dan Solo.

Sementara satu pasien positif baru lainnya memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Sebagian besar nakes yang terkonfirmasi positif menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

"Sebenarnya ada 10 pasien positif baru yang ditemukan gugus tugas. Namun, satu pasien positif baru berdomisili di Semarang sehingga jumlah penambahan pasien positif di Sukoharjo hanya sembilan orang," papar dia.

Yunia mengungkapkan jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Sukoharjo sebanyak 205 orang, termasuk tiga bayi. Sembilan pasien positif baru pada Kamis berasal dari wilayah Kecamatan Mojolaban, Kartasura, Polokarto, Bulu dan Baki.

Sementara jumlah pasien sembuh bertambah enam orang dari 86 orang menjadi 92 orang. Saat ini, gugus tugas memasifkan tracing atau pelacakan terhadap kontak erat lini pertama pasien positif.

"Tren persebaran pandemi Covid-19 belum melandai. Masyarakat wajib menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," kata dia.

Sumber : Solopos.com