Advertisement

Calon Penumpang di Bandara YIA Positif Covid-19, RSUD Wongsonegoro Semarang Akui Salah Ketik

Imam Yuda Saputra
Minggu, 12 Juli 2020 - 18:17 WIB
Sunartono
Calon Penumpang di Bandara YIA Positif Covid-19, RSUD Wongsonegoro Semarang Akui Salah Ketik Foto Ilustrasi suasana terminal keberangkatan dan kedatangan di Yogyakarta International Airport, Kulonprogo sebelum pandemi. - Harian Jogja / Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARAN –RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang mengakui salah memberikan kesimpulan pada surat keterangan bebas Covid-19 kepada salah seorang pemohon. Pemohon tersebut adalah calon penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA yang hendak terbang ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

Calon penumpang yang seharusnya dinyatakan positif Covid-19 melalui pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR), justru dinyatakan negatif. Untungya, calon penumpang asal Kota Semarang itu batal melakukan perjalanan setelah ketahuan positif Covid-19 dalam pemeriksaan kesehatan di YIA, Jumat (10/7/2020).

Advertisement

BACA JUGA : Jumlah Penumpang Meningkat, YIA Perketat Protokol

“Benar, ada kesalahan ketik pada kesimpulan [surat keterangan bebas Covid-19]. Mohon maaf. Kami sudah jelaskan ke pasien,” ujar Direktur RSUD Wongsonegoro, Semarang, Susi Herawati, kepada JIBI/Solopos.com, Sabtu (11/7/2020).

Meski demikian, Susi enggan menjelaskan panjang lebar terkait kesalahan tersebut. Ia hanya memastikan jika calon penumpang itu sudah ditangani sesuai prosedur.

Sebelumnya, pihak otoritas YIA dihebohkan dengan adanya calon penumpang asal Kota Semarang yang akan melakukan perjalanan ke Balikpapan. Calon penumpang berjenis kelamin laki-laki itu dinyatakan positif Covid-19 dalam pemeriksaan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) YIA. Padahal, calon penumpang itu telah mengantongi surat kesehatan bebas Covid-19 dari RSUD Wongsonegoro.

“Dalam dokumen tersebut disimpulkan bahwa calon penumpang ini negatif. Tapi, setelah dicek lebih lanjut oleh KKP tertulis positif. KKP kemudian mengkonfirmasi hasil pengecekan ini ke rumah sakit yang bersangkutan [RSUD Wongsonegoro], dan memang benar ada kesalahan penyimpulan. Harusnya positif tertulis negatif,” kata Pts General Manager YIA, Agus Pandu Purnama.

BACA JUGA : Calon Penumpang di Bandara YIA Gagal Terbang

Setelah diketahui positif, calon penumpang itu pun dimasukkan ke ruang isolasi. Ia lalu dijemput Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY untuk dibawa pulang ke Semarang. Pandu mengatakan calon penumpang itu sebenarnya telah mematuhi protokol kesehatan. Ia juga tidak menunjukkan gejala sakit atau masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak! Jalur Trans Jogja Lengkap, ke UGM, UNY, Rumah Sakit dan Tempat Wisata

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement