Advertisement

Anies Klaim Reproduksi Covid-19 di Jakarta Telah Terkendali

Newswire
Senin, 22 Juni 2020 - 13:37 WIB
Sunartono
Anies Klaim Reproduksi Covid-19 di Jakarta Telah Terkendali Ilustrasi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengemukakan angka reproduksi (R) Covid-19 di wilayah Jakarta berada pada kondisi yang terkendali berdasarkan hasil penelitian ilmiah.

"Tadi pagi jam 06.30 WIB, laporan dari tim Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia yang menyampaikan bahwa dua minggu masa transisi, wabah terkendali di Jakarta," kata Anies dalam sambutan HUT DKI Jakarta ke-493 di Balai Kota Jakarta, Senin (22/6/2020).

Advertisement

Anies mengatakan kekhawatiran terhadap potensi lonjakan penularan COVID-19 di Jakarta justru tidak terjadi. Hasil kajian ilmiah menyebutkan angka reproduksi (R) pada virus Corona di Jakarta sebesar 0,98 atau mengalami penurunan.

BACA JUGA : Pasien Sembuh dari Covid-19 di Jakarta Bertambah 159 Orang

Sebelumnya reproduksi Covid-19 sempat berada di level tertinggi menembus angka empat sebelum pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), 16 Maret 2020.

Angka reproduksi Covid-19 diasumsikan bila ada 100 orang yang terkena Covid-19, maka tingkat penularan kepada yang lain mencapai 400 orang. Hingga menjelang pelaksanaan PSBB fase pertama pada 10 April 2020, tingkat reproduksi Covid-19 turun menjadi 1,5.

"Justru angka R-nya menjadi 0,98 sesuatu yang menunjukkan bahwa ini kerja keras seluruh masyarakat Jakarta," katanya.

Tahun ini Pemprov DKI Jakarta memilih tema Jakarta Tangguh untuk menggambarkan semangat yang tinggi dari masyarakat untuk tangguh menghadapi wabah Covid-19. "Sehingga ketika tahun 2020 memberikan tantangan yang tidak kecil yaitu menghadapi pandemi Covid-19," katanya.

BACA JUGA : DKI Jakarta Tambah Laboratorium Satelit Covid-19 di Kontainer

Anies juga menyebut jika penurunan reproduksi Covid-19 sebagai kado istimewa bagi Jakarta. "Seakan 22 Juni ini kado bagi masyarakat Jakarta bahwa di saat kita memperingati HUT kota ini, pada saat ini juga Alhamdulillah pandemi yang pernah besar di Jakarta saat ini sudah terkendali," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement