DKI Jakarta Tambah Laboratorium Satelit Covid-19 di Kontainer

Laboratorium satelit Covid-19 di dalam kontainer yang berlokasi di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit. - Instagram @labkesdadki
03 Juni 2020 13:47 WIB Aziz Rahardyan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menambah laboratorium satelit di dalam kontainer untuk tes virus corona penyebab Covid-19 yang berlokasi di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit.

Seperti diketahui, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI Jakarta milik Pemprov sebelumnya telah membangun laboratorium darurat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu dengan kapasitas 200 tes virus corona per hari.

Kepala Labkesda DKI Jakarta Endra Muryanto menjelaskan laboratorium kontainer yang telah beroperasi sejak 9 April 2020 tersebut merupakan upaya menambah kapasitas internal Labkesda DKI yang juga memiliki kapasitas sekitar 200 tes per hari di laboratorium utamanya.

Terkini, Endra mengungkap bahwa laboratorium kontainer keduanya di RSKD Duren Sawit ini belum resmi beroperasi walaupun telah berdiri.

"Benar [masih kosong]. Tenaga volunteer-nya lagi latihan dulu. Yang lama sudah pada kerja yang di Pasar Minggu. Jadi ada orang baru, sedang kita latih dulu," jelasnya, Rabu (3/6/2020).

Endra merencanakan kapasitas laboratorium darurat di RSKD Duren Sawit ini juga memiliki rata-rata 200 tes per hari. Dengan demikian, total Labkesda DKI bisa membantu pengetesan PCR Covid-19 di angka 600-700 sampel.

"Mudah-mudahan akhir minggu ini sudah bisa terisi, InsyaAllah bisa membantu menambah kapasitas [pengetesan Covid-19] kita di Jakarta," tambahnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia