Pemohon Kartu Pencari Kerja di Kulonprogo Meningkat di Tengah Pandemi

Ilustrasi pencari kerja memadati Auditorium LPP dalam Jobfair 2020, Rabu (11/3/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
07 Juni 2020 10:37 WIB Jalu Rahman Dewantara News Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Memasuki masa new normal, jumlah permohonan kartu pencari kerja atau AK1 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo alami peningkatan. Dari yang sebelumnya hanya sedikit  orang yang mengajukan permohonan, kini melonjak hingga puluhan orang per hari.

Pada Kamis (4/6/2020) kemarin misalnya, petugas pendaftaran di ruang Bursa Kerja Onine (BKOL) Disnakertrans Kulonprogo mencatat sebanyak 45 orang telah mendaftar untuk memperoleh AK1. "Itu baru siang, belum sampai yang sore, karena kita bukannya kan sampai sore," ujar salah satu petugas Esti Rohana, Jumat (5/6/2020).

Jumlah pencari kerja ini naik dibandingkan Maret-Mei lalu. Rata-rata pada bulan itu, jumlahnya belasan orang. Adapun kebanyakan dari pencaker yang mendaftar AK1 pada awal bulan ini guna melengkapi persyaratan lowongan kerja di perbankan yang lokasinya di Kulonprogo dan lowongan sebagai guru  sekolah di Yogyakarta.

Esti memastikan pelayanan kepada pencaker pada masa pandemi tetap mengutamakan protokol kesehatan. Sebelum masuk ruang pendaftaran, pencaker wajib cuci tangan di wastafel yang telah disediakan Disnakertrans. Selain itu pencaker juga harus menggunakan masker dan menerapkan physical distancing.