Advertisement

Ganjar: Ini Salat Jumat Pertama Saya Sejak Pandemi

Newswire
Jum'at, 05 Juni 2020 - 17:57 WIB
Sunartono
Ganjar: Ini Salat Jumat Pertama Saya Sejak Pandemi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo - Ist/Humas Pemprov Jateng

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG--Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek penerapan protokol kesehatan mengenai pencegahan penularan Covid-19 dalam pelaksanaan shalat Jumat di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang.

"Ini Salat Jumat pertama saya sejak pandemi, memang umat sudah rindu untuk bisa melaksanakan Salat Jumat seperti ini, termasuk saya, makanya hari ini kita coba laksanakan untuk latihan," kata Ganjar, yang shalat Jumat di Gedung Gradhika bersama Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen dan para pegawai pemerintah.

Advertisement

"Saya sengaja menggelar Salat Jumat hari ini. Saya tidak memilih di masjid, tapi di Gradhika untuk mengatur semuanya. Tadi jamaah yang mau ikut 200 orang, saya minta 100 saja. Ini tadi mendadak, jadi sekalian mau saya lihat apakah bisa berjalan, kalau di sini kan jamaahnya kawan-kawan ASN, jadi lebih mudah diatur," katanya.

Salat Jumat di Gedung Gradhika dilaksanakan dengan menjalankan protokol pencegahan Covid-19. Anggota jamaahnya dibatasi 100 orang. Orang yang hendak ikut shalat berjamaah harus menggunakan masker dan mencuci tangan lebih dulu. Selain itu ada petugas yang mengukur suhu tubuh setiap orang yang hendak shalat.

"Tapi tadi saya tidak melihat saat keluar apakah mereka mau tertib tidak, ini tentu akan kami evaluasi. Harapannya bisa memberikan contoh untuk tempat lainnya," kata Gubernur.

Gubernur mengemukakan bahwa Salat Jumat kemungkinan belum dilakukan di semua masjid. "Prioritasnya hanya di daerah yang sudah berzona hijau, makanya sekarang kita latihan dulu agar nantinya bisa berjalan baik. Tidak hanya saat prosesi beribadah di dalam, tapi mulai masuk sampai keluar semua harus tertib. Jamaah juga harus dibatasi, maka ada skenario dibuat sif, saya tanya ke beberapa ulama kan memang boleh," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mempercepat Penanganan, Pemkab Kulonprogo Bikin Rembug Stunting

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement