Advertisement

UNS Beri Paket Data dan Makanan untuk Mahasiswa selama Wabah Corona

Newswire
Rabu, 08 April 2020 - 03:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UNS Beri Paket Data dan Makanan untuk Mahasiswa selama Wabah Corona Ilsutrasi UNS. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Pihak Universitas Sebelas Maret (UNS) membelikan paket data hingga makanan untuk para mahasiswa di tengah pandemi Covid-19 begitu besar. Hal itu dilakukan pihak kampus untuk merespons keluhan mahasiswa jika para dosennya banyak memberikan tugas dibandingkan kuliah via online.

Dengan mengeluarkan aturan yang mewajibkan para dosen harus memberikan kuliah pada para mahasiswanya, pihak kapus juga memberikan mahasiswa bantuan paket pulsa sebesar 10 GB.

Advertisement

"Para mahasiswa itu banyak yang mengeluh pada saya. Katanya, kalau dosennya itu kebanyakan ngasih tugas dibandingkan memberikan kuliah. Jadi tugas kuliahnya mereka menjadi banyak. Ini tidak boleh terjadi, makanya saya minta pada WR 1 [Wakil Rektor] untuk memberikan surat edaran yang isinya mewajibkan pada dosen memberikan kuliah saat kuliah online," ujar Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho, Selasa (7/4/2020).

Dalam surat edaran tersebut, ungkap Jamal, kuliah yang wajib dilakukan oleh para dosen bisa dilakukan secara sinkronisas atau asinkron. Di mana Singkronis itu bisa melalui WhatsApp atau lewat Spada. Namun bisa juga dilakukan dengan Asinkron atau melalui aplikasi Zoom.

"Oleh karena itu kami juga mempunyai kepedulian dengan mahasiswa memberikan paket data pulsa 10 GB kepada seluruh mahasiswa UNS, sepanjang dia melekukan registrasi," terangnya.

Menurut Jamal, dari data terakhir, sudah 24.600 mahasiswa yang mendaftar untuk mendapatkan paket data gratis. Bila diasumsikan jumlah mahasiswa UNS yang mendaftar untuk mendapatkan paket pulsa gratis mencapai 40.000 orang mahasiswa, maka pihak UNS harus menyiapkan anggaran sebesar Rp2 miliar setiap bulannya.

"Secara khusus kami membuat kebijakan, kalau diasumsikan jumlah mahasiswa mencapai 40.000 maka satu bulan maka kami harus memberikan bantuan pulsa itu sebesar Rp2 miliar,"ujarnya.

"Anggaran itu kami bagi, Rp1 miliar itu dari pihak universitas, dan Rp1 miliar lagi itu dari 11 fakultas dan pasca serta vokasi. Jadi ke-13 Fakultas itu membayar 50 persen, berdasarkan proposi mahasiswanya masing-masing,"imbuhnya.

Selain bantuan pulsa untuk kelancaran akademik para mahasiswanyabdi musim Pandemi Covid-19 ini, UNS siap memberikan makanan untuk mahasiswanya yang masih ada di asrama.

"Asrama mahasiswa itu kalau penuh ada sekitar 499 orang yang tinggal disana. Tapi sekarang ada 66 orang. Kebanyakan dari Luar Negeri dan Luar Jawa. Saya bilang pada mereka, kalau kesulitan mencari makan, tak perlu ragu silahkan hubungin UNS INN, makanan pasti diantar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement