Dua Gempa Guncang Tanah Air Pagi Ini, di Lumajang Magnitudo 4,9, Buleleng Magnitudo 2,8

Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters
05 April 2020 10:57 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dua gempa bumi mengguncang Tanah Air pada Minggu (5/4/2020) pagi. Gempa pertama berkekuatan magnitudo 4.9 mengguncang kawasan Lumajang dan sekitarnya.

BMKG mencatat gempa tersebut terjadi pada pukul , 07:15:24 WIB, dengan lokasi 9.02 LS, 113.04 BT.

Pusat gempa berada di laut 100 km barat daya Lumajang dengan kedalaman 60 Km.

Gempa cukup besar itu dirasakan (MMI) III Malang, III Jember, III Banyuwangi, III Lumajang, III Kuta, III Denpasar, II Jimbaran, II Mataram, II Lombok Barat.

Sementara itu, pukul 07:39:04 WITA, wilayah Buleleng diguncang gempabumi tektonik. Update hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=2,8. Episenter terletak pada koordinat 8,33 LS dan 115,00 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km barat Daya Buleleng, Bali pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust). 

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Busungbiu-Buleleng II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Sumber : Bisnis.com