Advertisement

Rentan Terinfeksi Corona, Ini yang Dilakukan Wapres Ma'ruf Amin

Rayful Mudassir
Jum'at, 27 Maret 2020 - 12:17 WIB
Nina Atmasari
Rentan Terinfeksi Corona, Ini yang Dilakukan Wapres Ma'ruf Amin Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti Rapat Terbatas Kabinet dengan Presiden Jokowi melalui video conference, Senin 916/3/2020). - Bisnis/Nindya Aldila

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Wabah corona semakin merebak di Tanah Air. Wakil Presiden Ma`ruf Amin tetap menjalankan aktivitas olahraga untuk meningkatkan imunitas tubuhnya. Terlebih usianya cukup rentan terhadap virus itu.

Dokter Pribadi Wapres, Letkol Satria SpOT(K) Spine menuturkan bahwa Wapres setiap harinya mengeluarkan 500 hingga 600 kalori ketika olahraga.

Advertisement

Saban hari, Ma`ruf disebut mulai mengayuh sepeda statis pada pukul 06.45 WIB selama 30 menit dan membakar 250 hingga 300 kalori.

Setelah itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia non-aktif bersama istri berjalan kaki sepanjang 3,2 kilometer di bawah sinar matahari. Kegiatan berjalan kaki ini dapat membakar 200 hingga 250 kalori.

"Ini dilakukan sejak ada kebijakan physical distancing. Untuk jalan kaki, Abah mulai sekiitar pukul 8.15 WIB hingga 09.15 WIB,” katanya melalui keterangan resmi dari Sekretariat Wakil Presiden, Jumat (27/3/2020).

Adapun Wapres bersama Wury Ma'ruf Amin melakukan olahraga dengan bersepeda statis selama 30 menit di rumah dinasnya di Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat.

Setelah beristirahat sejenak sambil sarapan pagi, sang Kiai dan istri kembali berjalan kaki di halaman rumah selama satu jam dengan jarak tempuh diperkirakan sejauh 3,2 kilometer.

Tahun ini Ma`ruf telah berusia 77 tahun. Adapun virus corona kerap disebut rentan terhadap masyarakat usia lanjut. Menurut laman alodokter, pertambahan usia akan menurunkan fungsi tubuh, mulai dari pigmen warna rambut, produksi hormon, kekenyalan kulit hingga masa otot dan tulang.

Adapun sistem imun sebagai pelindung tubuh juga tidak bekerja sekuat ketika saat muda. Kondisi ini menyebabkan serangan penyakit lebih rentan bagi orang berusia lanjut untuk terserang penyakit termasuk Covid-19.

Kendati demikian, dari beberapa kasus di Indonesia, virus corona menjangkiti orang dengan ragam usia, mulai dari lansia, usia produktif bahkan balita. Orang berusia muda juga dapat menjadi karrier atau penyebar virus kepada kalangan renta.

Di sisi lain, Wakil Presiden ke-13 itu telah melakukan tes corona usai Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif Covid-19. Hasilnya, Ma`ruf dinyatakan negatif corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement