Imbauan Ibadah di Rumah Berlaku untuk Semua Agama

Foto ilustrasi. - Reuters
19 Maret 2020 07:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia mengatakan imbauan ibadah di rumah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona berlaku untuk semua agama.

"Presiden meminta kita [masyarakat] untuk bekerja di rumah, belajar di rumah, dan ibadah dari rumah. Sebisa mungkin kita melakukan aktivitas produktif dari tempat tinggal kita, termasuk ibadah. Ini berlaku untuk agama apapun tanpa pengecualian," ujar Angkie saat dikonfirmasi Suara.com, Rabu (18/3/2020).

Pernyataan Angkie sekaligus untuk menanggapi langkah pemerintah untuk mencegah penularan Corona di tempat ibadah. Hal ini menyusul seorang pria yang tercatat sebagai jemaat di salah satu Gereja kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Banten positif terinfeksi Virus Corona atau Covid-19.

Setelah sempat dirawat intensif selama sehari di salah satu rumah sakit, keesokan harinya, pada Selasa (17/3/2020) pukul 10.15 WIB, jemaat tersebut meninggal dunia.

Angkie menyebut aktivitas seperti kontak fisik atau pertemuan di ruang terbuka harus diminimalisir untuk mencegah adanya penularan Corona.

"Segala hal yang berpotensi terjadinya aktifitas pertemuan di ruang terbuka dan bertemu banyak orang, harus diminimalisir jika tidak dalam situasi mendesak atau tidak bisa ditangguhkan," kata Angkie.

"Sesuai imbauan Presiden Joko Widodo, diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi aktivitas yang memungkinkan kontak fisik dalam suatu kerumunan," lanjutnya.

Meski demikian, ia menyadari tidak semua orang bisa bekerja sesuai dengan imbuan Presiden Jokowi. Ada beberapa pekerjaaan yang harus dikerjakan di luar rumah.

Namun Angkie mengimbau tetap menerapkan jaga jarak. "Ada beberapa aktifitas atau pekerjaan yang memang harus berada di luar rumah. Namun kami telah menetapkan skema jaga jarak atau social distancing," tuturnya.

Lebih lanjut, ia berharap masyarakat tetap bersama melawan pandemi corona dan tetap produktif.

"Selebihnya, kami harapkan masyarakat bisa bersama-sama melawan pandemi ini dengan tetap produktif dari tempat tinggal masing-masing," katanya.

Sumber : Suara.com