Malaysia Catat 428 Kasus Corona, Terbanyak dari Acara Tablig Akbar

Ilustrasi - Reuters
15 Maret 2020 21:07 WIB John Andhi Oktaveri News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebanyak 190 kasus baru virus Corona dilaporkan di Malaysia pada Minggu (15/3/2020). Kin jumlah total kasus Covid-19 di negara ini menjadi 428.

Dirjen Kesehatan Noor Hisham Abdullah seperti dikutip malaymail.com, Minggu (15/3), mengatakan angka tersebut merupakan lompatan satu hari terbesar dalam kasus Corona  di Malaysia hingga saat ini.

"Berdasarkan penyelidikan awal, sebagian besar kasus baru ini terkait dengan kegiatan tablig akbar Ijtimak Tabligh di Masjid Jamek Sri Petaling,” kata Noor Hisham dalam sebuah pernyataan yang dirilis Minggu (15/3/2020) sore.

Channelnewsasia.com melaporkan dari 190 kasus baru COVID-19 di Malaysia sebagian besar terkait dengan acara keagamaan di sebuah masjid yang dihadiri oleh lebih dari 16.000 orang dari beberapa negara.

Saat ini, sembilan pasien dalam perawatan intensif dan menerima bantuan pernapasan.

Sedangkan tujuh pasien juga baru saja keluar dari Rumah Sakit Sungai Buloh, sehingga jumlah total pasien yang pulih di Malaysia menjadi 42.

Kementerian Kesehatan mengatakan penyelidikan terhadap pertemuan keagamaan itu sedang berlangsung. Kementerian juga mendesak peserta acara tablig akbar di Masjid Jamek Sri Petaling untuk menghubungi pihak berwenang.

Perdana Menteri Muyiddin Yassin mengatakan negara itu menghadapi gelombang kedua infeksi, dan memperingatkan dampak pada pertumbuhan ekonomi. Guna menahan penyebaran virus, semua pertemuan termasuk pertemuan internasional, olahraga, acara sosial dan keagamaan akan dibatalkan atau ditunda hingga setelah April.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia