SBY Lepas Jabatan Sebagai Ketum Demokrat Besok

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka kegiatan pembekalan caleg DPR RI di Hotel Sultan, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada Sabtu (10/11/2018). - Okezone
14 Maret 2020 02:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTASusilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan bakal melepas jabatannya sebagai ketua umum Partai Demokrat pada Kongres V di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (15/3/2002).

"Kongres ini adalah kongres lima tahunan yang memperbincangkan dan ambil keputusan pemimpin baru Partai Demokrat," kata Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan di DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Hinca menambahkan, SBY akan memberikan kesempatan kepada kader-kader Demokrat untuk maju di kongres nanti. "Pak SBY ketum dan kami timnya akan selenggarakan kongres untuk memberi kesempatan baru untuk pemimpin baru di Partai Demokrat," tuturnya.

SBY akan menyerahkan sepenuhnya kepemimpinan di Partai Demokrat. Namun, bukan berarti keluar dari Partai Demokrat. SBY akan tetap berada di dalam partai berlambang bintang mercy itu.

"Beliau sampaikan bahwa jika sebagai presiden dua periode 10 tahun soft landing dia menyentuh garis finish sampai ujung, dia juga akan melakukan soft landing di dalam kongres yang kami buat Kongres V Partai Demokrat di Jakarta," ujarnya.

Saat ditanya apakah kedua putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) berpeluang mengantikan SBY. Hinca mengelak karena menurutnya nama-nama calon ketua umum akan diketahui pada saat Kongres V Partai Demokrat.

"Jangan kau tanya hasil pertandingan lah, nanti datang aja pas kongres, pokoknya semua [kader] memiliki peluang," ujarnya.

Sumber : Okezone