Demokrat Tak Ambil Pusing tentang Keluarnya Roy Suryo dari Partai

Roy Suryo. - Okezone
12 Maret 2020 09:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Partai Demokrat melalui Ketua DPP, Herman Khaeron tidak mempersoalkan mundurnya Roy Suryo dari partai. Menurutnya, keluar atau masuknya seseorang dalam partai merupakan hak masing-masing setiap orang.

"Tentu hak seseorang untuk masuk dan keluar dari partai. Dalam sistem kepartaian saat ini sebetulnya lebih fleksible seseorang keluar, dan masuk keanggotaan partai, dan sangat mungkin gonta-ganti partai, kecuali yang dilarang dalam undang-undang, semisal PNS yang tidak boleh berpartai," kata Herman kepada wartawan, Rabu (11/3/2020).

Herman meyakini, mundurnya Roy Suryo sudah menjadi pilihan tentunya hal itu sudah di pikirkan secara matang. Terlebih ia sendiri memang ingin kembali fokus di dunia profesional.

"Sudah jelas dengan alasan ingin kembali di keahliannya dan berada di jalur profesional," terangnya.

Sebelumnya, Roy Suryo memutuskan mengundurkan diri dari Partai Demokrat, per 11 Maret 2020. Pengunduran dirinya itu disampaikan melalui surat yang ditujukan ke Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Pada hari ini, Rabu 11 Maret 2020 pukul 12.30 WIB bertempat di Puri Cikeas, saya sudah menyerahkan surat pengunduran diri di semua posisi & jabatan di Partai Demokrat, termasuk selaku kader setelah (sekira-red) 15 tahun berpolitik," kata Roy dalam keterangan tertulis, Rabu (11/3/2020).

Sebelum mengundurkan diri, Roy Suryo menjabat sebagai wakil ketua umum nonaktif Partai Demokrat.

Ia mengaku surat pengunduran dirinya sudah diterima oleh ajudan SBY, yang saat ini tengah menyusun naskah pidato untuk Kongres V Partai Demokrat yang diadakan 14-16 Maret 2020. "Semoga lancar dan sukses" ucapnya

Sumber : Okezone