Advertisement

Indonesia Minta Arab Izinkan Jemaah yang Telanjur Tiba untuk Beribadah Umrah

Dewi Aminatuz Zuhriyah
Kamis, 27 Februari 2020 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Indonesia Minta Arab Izinkan Jemaah yang Telanjur Tiba untuk Beribadah Umrah Ilustrasi ibadah haji. - JIBI/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia meminta Kerajaan Arab Saudi tetap membolehkan jemaah asal Indonesia yang telanjur mendarat di negara tersebut untuk melanjutkan ibadah umrah.

Hal itu menjadi salah satu hasil rapat koordinasi yang dilakukan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) bersama Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan dan Kementeria Hukum dan HAM. Adapun, rapat tersebut pemerintah merespon  kebijakan pemerintah Arab Saudi yang memberlakukan pelarangan sementara ibadah umroh dan ziarah untuk beberapa negara termasuk di Indonesia.

Advertisement

"Pemerintah Indonesia telah melakukan komunikasi dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi antara lain agar jemaah yang sedang melakukan ibadah dapat melanjutkan ibadah dan ziarahnya, agar  sudah terlanjur atau akan mendarat supaya diizinkan melakukan ibadah atau ziarah,” kata Menko PMK Muhadjir Effendi, Kamis (27/2/2020)

Selain itu, Muhadjir mengatakan Pemerintah Indonesia memahami keputusan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait dengan  penghentian sementara izin masuk untuk pelaksaan umroh dan ziarah khusunya ziarah ke masjid Nabawi.

Pemerintah Indonesia, kanjut Muhadjir memahami bahwa keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan kesehatan umat yang lebih besar terutama jemaah umrah dan ziarah.

Muhadjir mengatakan usai rapat tersebut, pemerintah akan melakukan rapat koordinasi lanjutan dengan tujuan agar dapat semaksimal mungkin melindungi kepentingan calon jemaah terutama  terkait dengan perjalan dan akomodasi dan hotel maupun visa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement