Ilmuwan Khawatir Virus Corona Bisa Membunuh 80 Juta Manusia

Aktivitas petugas medis saat menangani pasien virus Corona di rumah sakit di Wuhan, Cina, 25 Januari 2020. - THE CENTRAL HOSPITAL OF WUHAN VIA WEIBO via REUTERS
25 Februari 2020 18:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, WUHAN-Virus Corona baru (Covid-19) dikhawatirkan bisa membunuh jutaan manusia.

Para ahli kesehatan dan World Health Organization (WHO) memperingatkan virus korona masuk kategori pandemi Penyakit X.

Virus korona baru yang mematikan cocok dengan apa yang disebut kategori Penyakit X, seorang pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan hal ini.

Para ilmuwan sebelumnya memperingatkan, wabah penyakit menular yang belum diketahui ini bisa menghapus atau menelan korban sebanyak 80 juta manusia dan menyebabkan pandemi mematikan.

Laporan terakhir virus korona baru (Covid-19) telah membunuh lebih dari 2.600 orang dan menginfeksi hampir 80.000 orang.

Virus ini telah menyebar jauh melampaui perbatasan China yang sangat ketat, menginfeksi ratusan di Korea Selatan dan Jepang, lebih dari 150 di Italia, dan beberapa lainnya di seluruh dunia.

Tidak seperti SARS, coronavirus mereplikasi pada konsentrasi tinggi di hidung dan tenggorokan, dan tampaknya mampu menyebar kepada mereka yang menunjukkan nol atau gejala ringan.

Kepala viroscience, Marion Koopmans di Erasmus University Medical Center di Rotterdam, dan anggota komite darurat WHO mengatakan virus ini menjadi yang pertama dari jenisnya yang sesuai dengan kategori "Penyakit X".

Sumber : Okezone.com