Jakarta Banjir, Sri Mulyani: E-Office Bikin Pekerjaan Bisa Diselesaikan Tanpa Ngantor

Menteri Keuangan Sri Mulyani bersiap mengikuti rapat terbatas (ratas) tentang peningkatan peringkat pariwisata Indonesia di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/2/2020). - ANTARA / Hafidz Mubarak A
25 Februari 2020 14:27 WIB Muhamad Wildan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Banjir melanda sejumlah wilayah di Jabodetabek, Selasa (25/2/2020). Kegiatan kantor Kementerian Keuangan ternyata ikut terganggu.

Untungnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memberlakukan e-office bagi karyawannya. Pernyataan ini disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani lewat postingan di Instagram miliknya.

"Saya menyampaikan rasa prihatin yang mendalam terhadap musibah banjir yang melanda Jakarta pagi hari ini. Beberapa kantor Kementerian Keuangan di Jakarta dan sekitarnya juga dilanda banjir dan sedikit mengganggu kelancaran dalam bertugas. Jajaran Kementerian Keuangan bahu membahu memberikan bantuan untuk menangani musibah ini" tulisnya.

Dia mengungkapkan Kemenkeu telah menerapkan sistem e-office sehingga pegawainya tidak perlu ke kantor untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan tertentu. Dispensasi ini diberikan kepada pegawai yang akses tempat tinggalnya terdampak banjir atau kantor Kementerian Keuangan yang terkena banjir, salah satunya kantor Dirjen Bea dan Cukai di Jakarta Timur.

Bagi pegawai yang rumahnya terkena banjir, Sri Mulyani mengungkapkan kementerian akan memberikan dispensasi atas absensi mereka.

"Kami di Kementerian Keuangan juga memberikan dispensasi atas absensi bagi pegawai yang tempat tinggalnya terkena banjir atau daerah sekitar tempat tinggalnya terdampak banjir sehingga mengalami kesulitan menuju ke kantor masing-masing. Dengan penerapan e-office, beberapa pekerjaan tertentu dapat diselesaikan meskipun tidak datang ke kantor.

Semoga seluruh warga Jakarta dan sekitarnya yang terkena musibah banjir dapat diberikan keselamatan dan segera terbebas dari genangan banjir."

Dalam postingannya, mantan pejabat Bank Dunia ini juga menyampaikan rasa prihatin yang mendalam terhadap musibah banjir yang melanda Jakarta pagi hari ini. Postingan Sri Mulyani menampilkan sejumlah foto yang menunjukkan  musibah banjir di sejumlah kantor Kemenkeu, termasuk kantor pusat Ditjen Bea dan Cukai, kantor KPP Pratama di Cibitung dan kantor pusat Kementerian Keuangan di Jakarta Pusat. 

Banjir hari ini, Selasa (25/2/2020), telah melumpuhkan sejumlah ruas jalan raya, jalan tol, serta menyetop transportasi umum mulai dari kereta api hingga bus Transjakarta. 

Sumber : Bisnis.com