Advertisement

LAPAN Prediksi Curah Hujan Dengan Intensitas Tinggi Masih akan Terjadi

Newswire
Sabtu, 22 Februari 2020 - 07:07 WIB
Nina Atmasari
LAPAN Prediksi Curah Hujan Dengan Intensitas Tinggi Masih akan Terjadi Hujan disertai petir - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA –Periode puncak musim hujan di Indonesia belum usai. Curah hujan dalam intensitas yang tinggi diperkirakan masih akan dialami oleh sejumlah wilayan di Indonesia.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan Indonesia saat ini masih dalam kondisi puncak musim hujan. Kondisi itu memungkinkan hujan yang turun bersifat ekstrem karena dua faktor, yakni curah hujan tinggi dan curah hujan berlangsung lama.

Advertisement

"Sekarang di Indonesia masih dalam kondisi puncak musim hujan yang sewaktu-waktu bisa saja intensitas hujannya tinggi," kata Thomas seperti dikutip dari Antara, Sabtu (22/2/2020).

Thomas menuturkan pergerakan matahari saat ini sudah mulai mendekati ke arah utara meskipun masih berada di belahan Selatan. Dengan demikian puncak pembentukan awan masih berada di selatan sehingga hujan akan terus mengguyur Indonesia.

Dia menuturkan puncak musim hujan di Indonesia berada di Januari-Februari 2020. Selain itu, keberadaaan badai tropis di bumi belahan Selatan juga mempengaruhi curah hujan yang turun.

Menurutnya, dengan kondisi ini, masyarakat harus sadar dan perlu melihat peringatan-peringatan dini yang dikeluarkan BMKG atau bisa dilihat di aplikasi LAPAN Sadewa.

"Masyarakat mestinya cukup sadar bahwa sekarang kondisi musim hujan ada saat-saat tertentu ekstrem. Kondisi ekstrem bisa dua yakni pertama, bisa curah hujannya tinggi atau kedua, curah hujan berlangsung lama. Dua-duanya akan berpotensi memberikan curahan hujan yang cukup intensif," ujarnya.

Masalah yang dihadapi sekarang adalah daya dukung lingkungan. Dengan daya dukung lingkungan menurun, maka dengan curah hujan yang kadang-kadang tidak terlalu ekstrim pun, itu bisa menimbulkan genangan apalagi dalam kondisi ekstrem.

Dia berharap masyarakat tetap siaga terhadap musim hujan saat ini dan memperhatikan kelestarian lingkungan serta daya dukung lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement