Advertisement

Ini nih Gapura di Sumedang Seharga Rp193 Juta yang Dikritik Netizen

Newswire
Kamis, 06 Februari 2020 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini nih Gapura di Sumedang Seharga Rp193 Juta yang Dikritik Netizen Gapura di Sumedang. - Detkikcom/Muhamad Rizal

Advertisement

Harianjogja.com, SUMEDANG - Gapura 'Selamat Datang di Sumedang Kota Tahu' di Desa Ciherang Sumedang Selatan viral di media sosial lantaran biaya pembangunannya  fantastis. Gapura itu banyak dikritik netizen karena menghabiskan anggaran Rp193 juta dana APBD Perubahan 2019 .

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Sumedang Herman Suryatman. "Sebagaimana yang tercantum dalam website LPSE Sumedang, yang benar nilainya itu adalah sekitar Rp193 juta bukan Rp600 juta seperti yang ramai dibicarakan," kata Herman kepada detikcom, Kamis (6/2/2020).

Advertisement

Herman menegaskan informasi yang beredar anggaran mencapai Rp600 juta hoaks. "Apabila ada informasi mohon utk dicheck and recheck dulu kebenarannya agar akuntabel," kata Herman.

Soal banyak yang mengkritik desain gapura, Herman menyatakan akan menampung aspirasinya. Ke depan, kami akan bangun gapura selamat datang yang bagus, representatif dan sesuai dengan ragam hias Sumedang sebagai Puser Budaya Sunda," katanya.

Herman menjelaskaan sebenarnya pekerjaan gapura itu belum selesai 100%, masih ada addendum (tambahan) waktu 50 hari kerja bagi pelaksana proyek untuk memperbaikinya, sebagaimana diatur dalam Perpres.

"Kami sudah memberikan teguran kepada pelaksana serta meminta segera dilakukan redesain dan perbaikan agar tugu tersebut enak dilihat dan ikonik," katanya.

Lebih lanjut Herman menjelaskan pembangunan gapura itu untuk melakukaan penataan di kawasan gapura yang sebelumnya rusak karena ditabrak truk. "Jadi tujuan sebenarnya bukan untuk membuat tugu, hanya menata agar lebih indah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement