Advertisement

Benarkah Wudhu Bisa Tangkal Virus Corona?

Rayful Mudassir
Senin, 03 Februari 2020 - 15:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Benarkah Wudhu Bisa Tangkal Virus Corona? Ilustrasi - Virus corona - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Beragam hoaks soal virus Corona semakin merebak. Kementerian Komunikasi dan Informatika setidaknya menepis 54 isu hoaks dan misinformasi yang sudah beredar.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan hoaks  virus corona sudah tersebar sejak 2019. Dari 54 percakapan, satu di antaranya disebar sejak Mei 2019. Sebanyak 53 isu lainnya  mulai beredar sejak 23 Januari hingga sekarang.

Advertisement

Hoaks virus corona yang muncul pertama kali adalah soal kurma yang harus dicuci bersih karena telah terpapar virus corona. 

 “Beberapa di antaranya tidak benar, disinformasi bahwa di China dilaporkan dikremasi korban virus corona, wudhu bisa hancurkan virus corona, ini disinfomasi itu, nggak benar,” katanya di Kominfo, Jakarta, Senin (3/2/2020).

 Adapun disinformasi lainnya adalah terkait dua penumpang maskapai penerbangan Lion Air terpapar virus corona tersebut. Corona yang masuk ke Pekanbaru, Riau juga disebut sebagai informasi bohong. 

 “Tindakan pencegahan di semua pintu masuk dilakukan terkoordinasi dilakukan sungguh-sungguh, dilakukan dan diobservasi sesuai standar WHO,” terangnya.

 Pemerintah meminta masyarakat tidak mudah terpengaruh pada kabar bohong tersebut. Johnny meminta masyarakat hanya mempercayai informasi yang disampaikan secara resmi oleh pemerintah, bukan pesan yang diragukan kebenarannya. 

 Di sisi lain, dia menyebut ratusan WNI yang dievakuasi pemerintah dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China juga dalam keadaan sehat. Mereka kini masih menjalani proses karantina dan observasi selama 14 hari di Kepulauan Natuna. 

 Johnny meminta masyarakat tidak mudah membawa isu Corona ke beragai aspek lain termasuk politik dan keagamaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Semula April, Kesiapan Pengolahan Sampah di Kota Jogja Mundur hingga Awal Mei

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement