Jokowi Tawarkan Investasi di Ibu Kota Baru kepada Perusahaan Jepang

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja bertemu dengan CEO Softbank Group Co Masayoshi Son di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (10/1/2020). - JIBI/Bisnis Indonesia/Amanda Kusumawardhani
10 Januari 2020 23:37 WIB Amanda Kusumawardhani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menawarkan investasi di Ibu Kota Negara (IKN) kepada perusahaan Jepang, Softbank Group Corp, dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan CEO Softbank Masayoshi Son di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

"Luas wilayah Jakarta sekitar 66.000 hektare (ha) sedangkan jika kita bandingkan dengan ibu kota baru, luasnya mencapai 256.000 ha," katanya.

Sementara itu, Son mengungkapkan pihaknya tertarik untuk berinvestasi di IKN yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. "Ibu kota baru memiliki peluang-peluang investasi yang saya kira bisa kita diskusikan ide potensialnya," ucapnya.

Kendati demikian, Son menekankan belum ada rencana spesifik terkait ketertarikannya untuk berinvestasi di IKN.

"Belum ada angka [investasi]. Masih mendiskusikan potensi-potensinya dulu," tambahnya.

Namun, Son menyebutkan pihaknya tertarik untuk berinvestasi di aspek kota pintar, teknologi, dan kota hijau.

Sebelumnya, SoftBank sudah menggelontorkan investasi segar senilai US$2 miliar di Indonesia. Son menjelaskan investasi itu dilakukan lewat Grab serta melalui perusahaan lain.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia