Kawasan Monas Pernah Banjir Parah pada 1897, Ini Fotonya

Pekerja harian Lepas (PHL) membersihkan sampah di sepanjang jalan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (17/3). - Antara
02 Januari 2020 16:17 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Banjir di Jakarta bukanlah hal baru. Setiap hujan lebat, Jakarta kerap tergenang, bahkan hingga setinggi dada orang dewasa.

Biasanya, banjir akan surut dalam rentang waktu yang berbeda, tergantung pada ketinggian banjir, hingga kondisi geografis kawasan tersebut. Banjir di Jakarta juga terjadi di pemukiman elite, bahkan di kawasan segitiga emas, termasuk juga di kawasan Medan Merdeka, yang merupakan pusat pemerintahan.

Banjir di kawasan Medan Merdeka Jakarta Pusat dekat dengan Monas ini, juga bukan terjadi saat ini. Berdasarkan informasi dari Twitter BNPB, banjir di kawasan Monas juga pernah terjadi pada tahun 1897 silam.

Artinya, genangan banjir di kawasan itu telah terjadi sejak 122 tahun yang lalu. Padahal, waktu itu, menurut BNPB belum banyak sampah menumpuk di Jakarta.

"Bencana merupakan peristiwa yg berulang. Sekitar tahun 1987 di Koningsplein (Jl. Medan Merdeka) / sekitaran Monas di Batavia sempat juga mengalami #banjir. Padahal saat itu sampah belum banyak, tapi Jakarta sudah banjir," tulis akun resmi BNPB.

Dalam foto yang diambil dari /digitalcollections.universiteitleiden.nl itu, tampak kawasan Monas tergenang banjir. Di sana terlihat foto becak yang sedang menerobos banjir. Tidak terlihat kendaraan bermotor yang lalu lalang atau melintasi di antara banjir tersebut.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia