Jokowi Tak Hadir di Acara Antikorupsi di KPK, Ini Alasannya

Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan murid seusai menyaksikan drama bertajuk Prestasi Tanpa Korupsi di SMKN 57 Jakarta, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia. - Antara/Aprillio Akbar
09 Desember 2019 13:57 WIB Yodie Hardiyan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi  menggelar acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia  di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). Presiden Joko Widodo tidak menghadiri kegiatan tersebut.

Jokowi memilih untuk menghadiri acara pentas #PrestasiTanpaKorupsi di SMK Negeri 57 Jakarta, Taman Margasatwa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Sebagai gantinya, Jokowi mengutus Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk hadir di acara tersebut. Sebagai pengingat, Jokowi menghadiri acara Hari Anti Korupsi tersebut pada 2018.

"Setiap tahun saya hadir. Hanya ini kan Pak Ma'ruf belum pernah kesana, ya bagi-bagi lah, masa setiap tahun saya terus. Ini Pak Ma'ruf belum pernah ke sana," kata Jokowi.

Pada 2018, Jokowi menghadiri acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia pada 2018. Sementara itu, baru kali ini Ma'ruf Amin datang ke acara Hari Antikorupsi Sedunia setelah dilantik sebagai Wakil Presiden pada 2020.

Berdasarkan catatan Bisnis, komitmen Jokowi atas pemberantasan korupsi dipertanyakan oleh banyak pihak karena sejumlah hal seperti revisi Undang-undang KPK hingga terpilihnya jenderal polisi Firli Bahuri sebagai Ketua KPK yang baru.

Sumber : Bisnis.com