Pak Ci, Begawan Properti yang Menggabungkan Seni dan Rasa dalam Setiap Karyanya

Ciputra di kediamannya di Pondok Indah, Jakarta, Kamis (28/6/2018). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
27 November 2019 08:57 WIB Zufrizal News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Pendiri Ciputra Group, Ir Ciputra wafat pada Rabu (27/11/2019) dini hari di Singapura. Bukan sesuatu yang berlebihan bila Ciputra disebut begawan properti Indonesia. Proyek-proyek properti yang dikembangkannya melalui Ciputra Group sudah sangat dikenal di Tanah Air, bahkan mancanegara.

Ciputra dikenal di kalangan pengembang bukan hanya piawai dalam membaca peluang, melainkan juga meletakkan “seni dan rasa” dalam setiap proyek properti yang dibangunnya.

Iwan Sunito, pengembang properti yang berkantor pusat di Sydney, Australia, menjadikan Ciputra sebagai salah satu tokoh panutan dalam membangun bisnis propertinya.

Sebelum mengembangkan sayapnya ke Indonesia, Bisnis.com, jaringan Harianjogja.com sempat mewawancarai Iwan di salah satu hotel di kawasan Senayan, beberapa tahun silam.

Ketika itu, Bisnis.com menanyakan kepada Iwan siapa tokoh properti yang diidolakannya.

“Pak Ciputra,” kata Iwan dengan sigap.

Menurutnya, Pak Ci, begitu Ciputra biasa disapa, sangat menginspirasinya dalam berkarya. “Setiap proyek yang dibangun Pak Ci selalu dipadukan dengan seni. Saya sangat mengapresiasinya. Jarang-jarang ada pengembang seperti itu,” ujar Iwan ketika itu.

Maka kemudian, proyek-proyek properti yang dibangun Iwan melalui Crown Group juga sedikit banyak terinspirasi dari filosofi Pak Ci.

Bahkan, Crown Group sudah melakukan kerja sama operasional dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. menggarap proyek mixed-use senilai Rp7 triliun yang akan dibangun di kawasan Jakarta Utara. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. merupakan salah satu perusahaan yang sahamnya dimiliki Ciputra Group.

Sumber : Bisnis.com