Sayembara Desain Ibu Kota Diikuti 755 Peserta, Pemenang Akan Diumumkan 23 Desember

Foto aerial Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (31/8/2019). Sebagian dari kawasan yang masuk sebagai hutan konservasi itu nantinya akan digunakan untuk wilayah ibu kota baru. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
20 November 2019 14:57 WIB Rivki Maulana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyelenggarakan sayembara desain ibu kota negara. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 23 Desember 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa sayembara diikuti oleh 755 peserta dari seluruh Indonesia sejak dibuka pada awal Oktober 2019 lalu. Peserta sayembara paling banyak berasal dari Jakarta dengan 197 peserta.

"Hampir semua provinsi mengikuti. Mudah-mudahan nanti penetapan pemenangnya 23 Desember [2019]," ujar Basuki di Gedung DPR, Rabu (20/11/2019).

Dia menjelaskan bahwa desain hasil sayembara akan menjadi rujukan dalam pembangunan ibu kota negara di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kawasan inti pemerintahan seluas 4.000 hektare menjadi objek desain yang disayembarakan. Secara umum, luas lahan pengembangan ibu kota negara mencapai 180.000 hektare dengan 40.000 hektare di antaranya kawasan ibu kota baru.

Kementerian PUPR menyelenggarakan sayembara desain ibu kota negara untuk mendapatkan gagasan terbaik dari masyarakat umum, para ahli perancangan kota, ahli perencanaan kota, dan para arsitek.

Hasil sayembara kemudian akan diperkaya dengan melibatkan pihak bertaraf internasional agar mendapatkan desain yang lebih tajam dan terukur. Hal itu dilakukan sebagai modal untuk menyusun dokumen perencanaan teknis. 

Sumber : Bisnis.com