Advertisement

Lebih Cepat dari Perkiraan, Dokter Jelaskan Proses Operasi Kembar Siam Asal Tangerang

Newswire
Minggu, 17 November 2019 - 00:27 WIB
Nina Atmasari
Lebih Cepat dari Perkiraan, Dokter Jelaskan Proses Operasi Kembar Siam Asal Tangerang Ilustrasi bayi dengan masalah kesehatan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Bayi kembar siam asal Tangerang, Ardi dan Ardan akhirnye berhasil dipisahkan melalui operasi selama 10 jam pada Sabtu (16/11/2019).

Dalam operasi tersebut, tim dokter memisahkan organ hati yang menyatu. Adapun operasi disebut berjalan dengan lancar.

Advertisement

"Alhamdulillah, hari ini kami dari RSAB Harapan Kita dibantu teman-teman dari RS lain, telah berhasil melakukan operasi pemisahan kembar siam Ardi dan Ardan," ujar Direktur Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita Dr dr Didi Danukusumo, SpOG (K) dalam jumpa pers, seperti dilansir Antara, Sabtu (16/11).

Setelah operasi, Ardi dan Ardan dirawat di Pediatric Intensive Care Unit (PICU) selama 7-10 hari.

Operasi tersebut, yang mencakup pemisahan bagian dada dan perut, awalnya diperkirakan memakan waktu 16 jam. Namun, operasi dapat berlangsung lebih cepat dari perkiraan.

Adapun persiapan sudah dilakukan sejak pukul 05.00 WIB, kemudian Ardi dan Ardan memasuki ruangan operasi sekitar pukul 06.18 WIB.

Selain dokter dari RSAB Harapan Kita, tim dokter yang melakukan operasi juga berasal dari beberapa rumah sakit lainnya, antara lain Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Pusat Kanker Nasional Dharmais, RSPAD Gatot Subroto.

Dokter spesialis yang dilibatkan dalam operasi hingga pemulihan di antaranya spesialis bedah anak, spesialis thoraks kardio vaskular, spesialis bedah plastik, spesialis anestesi, spesialis anak, spesialis radiologi, spesialis patologi klinik, dan spesialis rehabilitasi medik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement