Advertisement

Filipina Diguncang Gempa, Getarannya sampai Indonesia

Newswire
Selasa, 29 Oktober 2019 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Filipina Diguncang Gempa, Getarannya sampai Indonesia Ilustrasi - Bisnis/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gempa bumi magnitudo 6,6 terjadi di Mindanao, Filipina. Setelah itu, gempa susulan atau aftershock dilaporkan terus terjadi sampai lima kali. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga Selasa pukul 09.40 WIB mendeteksi lima aktivitas gempa bumi susulan. Gempa tersebut terjadi setelah gempa dengan magnitudo 6,6 mengguncang wilayah Mindanao di Filipina pukul 08.04 WIB, yang getarannya terasa sampai ke wilayah Indonesia.

Advertisement

"Kekuatan gempa susulan terbesar dengan magnitudo 5,4," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Gempa bumi di Mindanao episenternya berada di darat pada kedalaman 15 km di koordinat 6.84 LU dan 125.22 BT. Menurut BMKG, gempa itu termasuk gempa dangkal dan terjadi akibat aktivitas sesar lokal.

Getaran akibat gempa tersebut terasa di Tahuna (Kabupaten Sangihe) dan Melonguane (Kabupaten Talaud). Di kedua daerah itu, getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah, terasa seakan ada truk yang lewat.

BMKG mengimbau warga yang merasakan getaran gempa tersebut tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa serta memeriksa bangunan tempat tinggal untuk memastikan tidak ada kerusakan yang bisa membahayakan stabilitas bangunan sebelum masuk kembali ke dalam rumah.

Rahmat mengatakan hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan BMKG juga menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement