Presiden Jokowi Tutup Pidato dengan Bahasa Bugis: Layarku Terkembang, Kemudiku Terpasang

Presiden Joko Widodo. - Antara/Puspa Perwitasari
20 Oktober 2019 19:27 WIB Rinaldi Mohammad Azka News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato resmi setelah dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019—2024 di hadapan MPR/DPR.   Dalam pidato kepresiden pertamanya, Jokowi mengapresiasi pendampingnya di periode pertama, M. Jusuf Kalla.

Mengatasnamakan seluruh rakyat dan wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin, Jokowi mengapresiasi mitra karibnya selama lima  tahun tersebut.

"Perkenankan saya, atas nama pribadi, atas nama Wakil Presiden K. H. Ma’ruf Amin, dan atas nama seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Muhammad Jusuf Kalla yang telah bahu-membahu menjalankan pemerintahan selama 5 tahun terakhir," ujarnya yang diiringi riuh tepuk tangan para hadirin, di Gedung MPR/DPR, Minggu (20/10/2019).

Setelah mengapresiasi rekannya, Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh lembaga-lembaga negara, kepada jajaran aparat pemerintah, TNI dan Polri, serta seluruh komponen yang turut mengawal pemerintahan selama 5 tahun.

Dia lalu menutup pidato kenegaraannya dengan komitmen bersama dalam bahasa bugis.

Pura babbara sompekku, pura tangkisi golikku. Layarku sudah terkembang, kemudiku sudah terpasang. Kita bersama menuju Indonesia maju," tegasnya.