Advertisement

Kemenhub: Pelajar Paling Banyak Terlibat Kecelakaan Lalin

Rinaldi Mohammad Azka
Rabu, 25 September 2019 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kemenhub: Pelajar Paling Banyak Terlibat Kecelakaan Lalin Kampanye Keselamatan Transportasi di SMKN 57 Jakarta. BISNIS - Rinaldi M Azka

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Kepala Bagian Publikasi dan Pelayanan Informasi Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Bambang Wijanarko menuturkan korban kecelakaan didominasi usia produktif, kalangan pelajar dan mahasiswa.

Menurut data pada 2017 Direktorat Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri mencatat terdapat 19.681 orang usia 15 -19 tahun menjadi korban kecelakaan lalu lintas dan meningkat menjadi 23.276 orang pada 2018.

Advertisement

"Kenaikan tersebut mencapai 18 persen, sedangkan berdasarkan pekerjaan korban tercatat kecelakaan lalu lintas terjadi pada pelajar atau mahasiswa sebesar 41.879 orang pada 2018 dan mengalami kenaikan lima persen dari 2017 sebesar 39.940 orang," katanya di SMKN 53 Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Berdasarkan fakta tersebut, imbuhnya, kematian pada kecelakaan lalu lintas terjadi pada usia produktif yaitu para pelajar.

Dengan demikian, menurutnya, penting membangun kesadaran sejak dini bagi generasi muda agar dapat tertib dalam berlalulintas, mematuhi peraturan yang ada sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan.

"Saya ingin mengajak adik-adik sekalian agar sayangilah nyawa dengan disiplin berlalu lintas, mematuhi peraturan yang ada serta selalu gunakan helm yang benar," paparnya.

Keselamatan adalah tanggung jawab seluruh pihak, sehingga kepedulian masyarakat terhadap keselamatan dengan menjaga ketertiban, keselamatan, dan keamanan mutlak diperlukan dalam peningkatan keselamatan jalan, keselamatan pelayaran, perkeretaapian dan penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement