Kerusuhan di Papua Memanas, Begini Komentar Jokowi

Joko Widodo - Antara/Akbar Nugroho Gumay
29 Agustus 2019 21:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, PURWOREJO- Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara ihwal kerusuhan di Papua yang kini memanas.

Jokowi meminta seluruh masyarakat Papua untuk kembali menjaga kondusifitas di Tanah Cendrawasih. Ia pun mengaku terus mengikuti situasi terkini yang ada di Papua.

"Saya terus mengikuti dan juga saya sudah mendapat laporan situasi terkini di Papua, khususnya di Jayapura, dan saya minta masyarakat juga tenang, tidak melakukan tindakan yang anarkis," kata Jokowi dalam keterangan resminya di Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019).

Jokowi mengatakan bahwa bila demonstran terus menggelar aksi unjuk rasa dan anarkis maka semua warga Papua akan merugi. Apalagi, demo itu juga disertai dengan pengrusakan fasilitas umum.

"Karena kita semua akan rugi bila ada fasilitas umum dan fasilitas publik, masyarakat yang kita bangun bersama menjadi rusak dan dirusak," tambahnya.

Kepala Negara telah memerintah Menko Polhukam Wiranto, Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Masekal Hadi Tjahjanto, hingga Kepala BIN Budi Gunawan untuk mengambil langkah tegas kepada para pelaku tindkan anarkis dan pelaku rasialis kepada Mahasiswa Papua.

Jokowi memastikan bahwa pemerintah pusat terus berkomitmen untuk membangun Papua agar bisa mensejahterakan masyarakatnya baik pembangunan infrasrtuktur maupun SDM.

"Saya pemerintah akan terus beekomitmen untuk memajukan Papua, baik dalam bidang fisik maupun SDM agar kita semua utamanya, khususnya, mama-mama, mace, pace dan siapapu bisa lebih maju dan sejahtera," tandasnya.

Sumber : Okezone.com