Advertisement

Jokowi Pastikan Ada Tol Menuju Bandara Kulonprogo

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 29 Agustus 2019 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Jokowi Pastikan Ada Tol Menuju Bandara Kulonprogo Joko Widodo - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan konektivitas dari dan ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA) akan dilengkapi tol dan jalur kereta api. Pada Maret 2020, jalur kereta menuju bandara dipastikan telah siap, kemudian bakal disusul kehadiran tol.

"Iya nanti akan terkoneksi semuanya, akan terkoneksi kereta, tol, itu akan terkoneksi semuanya," kata Presiden kepada awak media di sela-sela peninjauan progres Pembangunan YIA, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Kamis (29/8/2019).

Advertisement

Sayangnya, Jokowi enggan menjelaskan lebih lanjut perihal infrastruktur penunjang tersebut, termasuk menanggapi kabar keberatan dari sejumlah pihak terhadap pembangunan tol yang menuju bandara. Dia hanya manyatakan jika tol pasti terealisasi dan menyerahkan kewenangan ini kepada Kementerian PUPR dan Gubernur DIY.

"Kereta api selesai Maret 2020, tolnya menyusul, semuanya akan terkoneksi baiklah, ini desain besarnya keliatan, satu persatu diselesaikan, ini [pembangunan YIA] rampungkan dulu," ujarnya.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X, mengatakan tol yang dibangun pemerintah hanya yang melewati Jogjo, Solo, Borobudur hingga Semarang. Sementara untuk tol menuju bandara, yang direncanakan melintasi Jogja-Kulonprogo-Cilacap diprakarsai BUMN.

"Kan ada [rencana] tol dari Jogja ke Cilacap, itu kan harapannya dari para pengusaha BUMN, jadi bukan pemerintah, tapi program lewat pemerintah, pemrakarsanya BUMN, kalau program pemerintah kan soal tol Jogja Solo sampai Semarang, jadi beda," kata Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement