Jokowi Pastikan Ada Tol Menuju Bandara Kulonprogo

Joko Widodo - Antara/Akbar Nugroho Gumay
29 Agustus 2019 20:07 WIB Jalu Rahman Dewantara News Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan konektivitas dari dan ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA) akan dilengkapi tol dan jalur kereta api. Pada Maret 2020, jalur kereta menuju bandara dipastikan telah siap, kemudian bakal disusul kehadiran tol.

"Iya nanti akan terkoneksi semuanya, akan terkoneksi kereta, tol, itu akan terkoneksi semuanya," kata Presiden kepada awak media di sela-sela peninjauan progres Pembangunan YIA, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Kamis (29/8/2019).

Sayangnya, Jokowi enggan menjelaskan lebih lanjut perihal infrastruktur penunjang tersebut, termasuk menanggapi kabar keberatan dari sejumlah pihak terhadap pembangunan tol yang menuju bandara. Dia hanya manyatakan jika tol pasti terealisasi dan menyerahkan kewenangan ini kepada Kementerian PUPR dan Gubernur DIY.

"Kereta api selesai Maret 2020, tolnya menyusul, semuanya akan terkoneksi baiklah, ini desain besarnya keliatan, satu persatu diselesaikan, ini [pembangunan YIA] rampungkan dulu," ujarnya.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X, mengatakan tol yang dibangun pemerintah hanya yang melewati Jogjo, Solo, Borobudur hingga Semarang. Sementara untuk tol menuju bandara, yang direncanakan melintasi Jogja-Kulonprogo-Cilacap diprakarsai BUMN.

"Kan ada [rencana] tol dari Jogja ke Cilacap, itu kan harapannya dari para pengusaha BUMN, jadi bukan pemerintah, tapi program lewat pemerintah, pemrakarsanya BUMN, kalau program pemerintah kan soal tol Jogja Solo sampai Semarang, jadi beda," kata Sultan.