Advertisement

Investor Siap Kucurkan US$ 1 Miliar untuk Mobil Listrik di Indonesia

Thomas Mola
Senin, 26 Agustus 2019 - 20:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Investor Siap Kucurkan US$ 1 Miliar untuk Mobil Listrik di Indonesia Model memperagakan cara pengisian bahan bakar listrik ke mobil BMW I3. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian menyatakan ada perusahaan yang hendak berinvestasi mengembangkan baterai cell untuk kendaraan listrik. Nilainya ditaksir lebih dari US$1 miliar atau sekitar Rp14 triliun.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto mengatakan, beberapa investor telah menyatakan minat untuk membuat baterai cell dari material yang dihasilkan oleh pabrik di Morowali dan Weda Bay.

Advertisement

"Pokoknya besar dia enggak mau disebut. Pak Menteri [Airlangga Hartarto] enggak pernah nyebut itu. Mohon maaf itu permintaan mereka. Intinya kami ingin ada industri turunan," katanya baru-baru ini.

Pemerintah telah meresmikan pabrik milik PT QMB New Energy Materials di Morowali, Sulawesi Tengah. Pabrik itu akan memproduksi material energi baru dari nikel laterit ini dapat memenuhi kebutuhan bahan baku baterai lithium generasi kedua.

Namun, raw material itu perlu diolah lagi hingga menjadi baterai yang siap digunakan oleh kendaraan listrik. Saat ini, industri dalam negeri belum mampu memproduksi battery cell dan battery pack yang siap digunakan oleh kendaraan listrik.

Harjanto menjelaskan, pabrik di Morowali dan Weda Bay belum menghasilkan baterai cell sehingga butuh untuk pembuatan batarai cell. Beberapa industri di dalam negeri, katanya, juga didorong untuk melakukan investasi seperti Panasonic.

"Itu baru didorong, tapi dia belum bicara sama kami. Yang lain yang datang, ada investasi cukup besar kok bukan nilai kecil di atas 1 miliar," paparnya.

Harjanto menegaskan, jika perusahaan tersebut merealisasikan investasinya, maka baterai untuk kebutuhan kendaraan listrik dapat dihasilkan di dalam negeri. Hal itu sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong pengembangan kendaraan listrik di dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement