Kemenag Angkat Bicara Soal Video Banjir di Mina saat Ibadah Haji

Jamaah haji melakukan shalat Jumat di Masjidil Haram dibawah suhu lebih dari 40 derajat celcius di Mekkah, Arab Saudi, Jumat (12/7/2019). Jamaah mulai berdatangan dari berbagai negara untuk melaksanakan ibadah Haji 1440 Hijriah. - ANTARA FOTO/Hanni Sofia
14 Agustus 2019 10:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, ARABSAUDI - Video banjir di Mina saat ibadah haji beredar ke masyarakat. Kepala Daerah Kerja Mekkah Kementerian Agama, Subhan Cholid memberikan penjelasan.

Lewat video Live Facebook Kementerian Agama RI, Subhan Cholid mengatakan bahwa memang sempat terjadi hujan di Mekkah termasuk di Mina.

"Kemarin memang terjadi hujan di kota Mekkah ini termasuk di Mina. Hujan ini seperti setetes embun di tengah padang pasir yang diharapkan para jemaah dan memang sangat menyegarkan," kata Subhan.

Subhan pun tidak menampik bahwa ada genangan air, tapi tidak sampai membuat jemaah Haji keluar tenda.

"Akibat dari hujan itu, pertama, di tenda Mina ada karpet yang basah tapi tidak membuat jemaah keluar dari tenda, karpet dilipat dan kembali selesai setelah sore hari," ujar Subhan.

Demi alasan keamanan, listrik juga sempat dimatikan.

"Kedua, betul ada beberapa maktab yang kemudian listriknya dimatikan untuk menghindari korsleting listrik karena genangan air," jelas Subhan.

Terkait video soal isu banjir di Mina, Subhan pun mengatakan bahwa tidak ada banjir, hanya genangan air.

"Kami menerima beberapa video terkait kondisi kota Mina sesungguhnya hanya terjadi genangan air saja, karena pada saat yang sama petugas kami dengan sigap melakukan antisipasi," ungkapnya.

Sumber : suara.com