Advertisement

Gunung Ciremai Terbakar, Ada 5 Pendaki yang Belum Turun

Newswire
Jum'at, 09 Agustus 2019 - 01:47 WIB
Nina Atmasari
 Gunung Ciremai Terbakar, Ada 5 Pendaki yang Belum Turun Kawasan hutan Gunung Ciremai yang terletak di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang terbakar. - ANTARA/Istimewa)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan dan Sumedang terbakar. Pelaksana Harian Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan masih ada lima pendaki yang belum turun dari gunung tersebut.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan menginformasikan hingga hari ini pukul 14.38 WIB belum semua pendaki berhasil turun ke wilayah aman saat terjadi kebakaran hutan di Gunung Ciremai," kata Agus melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Advertisement

Agus mengatakan lima pendaki tersebut sedang dalam perjalanan turun sampai ke Kuburan Kuda. Pendakian Gunung Ciremai memiliki beberapa jalur seperti jalur Apuy, Palutungan, Linggajati, dan Lingga Sana.

BPBD Kuningan dan BPBD Kabupaten Majalengka telah berhasil mengevakuasi 69 pendaki dan mengonfirmasi tidak ada lagi pendaki pada jalur-jalur selain yang dilalui kelima pendaki yang belum turun.

"Otoritas taman nasional telah mengeluarkan pengumuman tentang penutupan jalur pendakian," tutur Agus.

Kebakaran terjadi di blok Gua Walet di puncak Gunung Ciremai yang masih wilayah Kelurahan Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Asap terlihat pada Rabu (7/8) pukul 15.10 WIB dari wilayah Argalingga, Kabupaten Majalengka. Perkiraan luas lahan yang terdampak sekitar 308 hektare.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," jelas Agus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dalam Gugatan di MK Kubu AMIN dan Ganjar Permasalahkan TPS di Sleman, Begini Penjelasan KPU

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement