Advertisement

Tekan Sampah, Bupati Magelang Minta Panitia Kurban Gunakan Besek dan Daun Pisang

Nina Atmasari
Kamis, 08 Agustus 2019 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
Tekan Sampah, Bupati Magelang Minta Panitia Kurban Gunakan Besek dan Daun Pisang Bupati Magelang, Zaenal Arifin. - Ist/Dok Humas

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG-- Untuk menekan jumlah sampah di Kabupaten Magelang, Bupati Magelang, Zaenal Arifin, akan memberikan surat kepada panitia kurban untuk menggunakan besek dan daun pisang untuk membungkus daging kurban.

"Saya sudah bilang ke Pak Sekda supaya ditindak lanjuti untuk menggunakan besek saja dan daun pisang pada saat hari raya kurban, tentunya ini lebih higienis juga. Dengan ini kita juga bisa memberdayakan ekonomi masyarakat," ungkap Zaenal, Rabu (7/8/2019).

Advertisement

Zaenal mengaku akan memberikan surat bersifat imbauan kepada seluruh takmir masjid dan warga yang akan menjadi panitia kurban di Kabupaten Magelang agar menghindari penggunaan kantong plastik (kresek).

"Marilah kita menggunakan alam kita ini dan lebih ramah dengan menjaga alam kita ini dengan sebaik-baiknya," tandasnya.

Zaenal juga meminta kepada seluruh warga Kabupaten Magelang agar bisa menjadi agen-agen untuk menekan jumlah sampah, termasuk di kelembagaan Pemerintah Daerah (Pemda).

"Saya minta dalam rapat-rapat, sudahlah kita tinggalkan yang berbau plastik. Kalau harus pakai lepek [piring kecil] ya pakailah lepek. Kalau minum ya pakailah gelas. Maka kita ini yang harus menjadi teladan lebih dulu," tegasnya.

Ia menambahkan jumlah penduduk di Kabupaten Magelang ini kurang lebih 1,28 juta jiwa dan sumbangan sampah per orangnya 0,5 kg per hari. Jadi, dalam satu bulan akan terkumpul ratusan ton sampah.

"Kita mau punya lahan yang begitu besar pun juga tidak akan pernah selesai masalah sampah ini. Jadi tidak usah muluk-muluk, mulai dari diri kita masing-masing saja untuk mengurangi penggunaan plastik setiap harinya," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemilu Usai, Gus Endar Serukan Persatuan dan Kerukunan

Bantul
| Jum'at, 26 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement