Pihak Keluarga Masih Mendiskusikan Rencana Pemakaman Mbah Moen

Mbah Moen (Detik.com)
06 Agustus 2019 13:07 WIB Ichsan Kholif Rahman News Share :

Harianjogja.com, SOLO – Ketua GP Ansor, Kota Solo, Arif Syarifudin, membenarkan kabar yang beredar KH. Maimun Zubaer wafat. KH. Maimun Zubair atau akrab dikenal Mbah Moen meninggal di Makkah.

“Kabar yang beredar itu benar, informasinya kemarin tadi malam di Makkah, Arab Saudi. Saat ini Mbah Moen masih di Makkah, dibawa ke Indonesia kapan kami belum tahu masih menunggu dulu,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Mbah Moen sempat hadir di Kota Solo mengisi kajian akbar. Menurutnya, Mbah Moen merupakan syaikhona, guru, ulama, yang selalu dinantikan fatwa, wejangan, nasihat. Ia mengaku merasa kehilangan, dan perasaan itu dirasakan seluruh umat lainnya.

Senada dengan hal itu, Ketua PCNU Kota Solo, Mashuri, mengatakan informasi yang beredar bahwa Mbah Moen wafat di Mekkah benar. Menurutnya, saat ini sedang dikoordinasikan terkait rencana pemakaman Mbah Moen.

“Kemungkinan besar dimakamkan di Mekah namun saat ini sedang koordinasi antara kelurarga dengan pihak pemerintah Indonesia. Kalau pihak Istana Negara tentunya siap membawa Mbah Moen kembali ke Tanah Air,” ujarnya.

Menurutnya, Mbah Moen saat di Kota Solo selalu berpesan agar selalu religius dan nasionalis yang tidak bisa dipisahkan. Sudah empat kali Mbah Moen ke Kota Solo dan selalu berpesan untuk menjaga NKRI.

“Beliau tidak ada sakit khusus, mungkin gerah sepuh karena usianya sudah 90 tahun. Saya menghubungi kembali pihak keluarga belum bisa. Ini kehendak Allah yang jelas Mbah Moen tidak ada sakit khusus,” ujar Mashuri.

Sumber : JIBI/Solopos