Advertisement

Ini Makna Pesan Wayangan di Istana Kepresidenan

Amanda Kusumawardhani
Sabtu, 03 Agustus 2019 - 03:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Makna Pesan Wayangan di Istana Kepresidenan Ilustrasi - Jibiphoto/Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harainjogaj.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar wayang kulit di Istana Kepresidenan dengan menyisipkan makna tentang kepemimpinan.

Hal tersebut bisa dilihat dari pemilihan tema 'Kresno Jumeneng Ratu' yang menceritakan kisah Kresno ketika menjadi seorang raja.

Advertisement

"Itu kalau diartikan Kresno menjadi raja. Saya kira penting Kresno ini dalam epos Mahabarata dan kemudian dalam tradisi kesusastraan Jawa, adalah salah satu tipe pemimpin yang melindungi dan mengayomi masyarakatnya," kata Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi, Kantor Staf Presiden (KSP) Eko Sulistyo di Istana Merdeka, Jumat (2/8/2019).

Menurut Eko, tokoh Kresno ini layak menjadi teladan bagi masyarakat karena jiwa kepemimpinannya dalam memimpin masyarakat. Tak hanya itu, etos Kresno yakni kerja keras, jujur, dan semangat keras merupakan modal penting untuk menjadi pemimpin teladan.

Namun, Eko mengelak jika sosok Kresno diproyeksikan sebagai Presiden Jokowi akan memimpin pemerintahan untuk periode keduanya.

"Ini konteksnya adalah bagi siapa pun, khususnya generasi muda sekarang yang ingin menjadi pemimpin. Sifat pemimpin Kresno bisa menjadi salah satu contoh. Semangat, kerja keras, jujur," tukas Eko.

Sebagai informasi, pagelaran wayang ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Pagelaran wayang kulit dibawakan dalang Ki Manteb Sudarsono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rencana Pemda DIY Setelah TPA Piyungan Ditutup

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement