Mendagri Minta Seluruh Pegawai Pemerintah Paham Visi Jokowi

Presiden terpilih Joko Widodo menyampaikan pidato pada Visi Indonesia di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat Minggu (14/7/2019). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
16 Juli 2019 11:07 WIB Lalu Rahadian News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Materi visi dan misi yang disampaikan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi), Minggu (14/7/2019) diminta untuk diperbanyak dan dibagikan kepada semua staf pemerintahan hingga tingkat desa.

Permintaan itu disampaikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Dia ingin materi visi Jokowi dan Ma'ruf Amin diperbanyak agar semua perangkat pemerintahan memahami visi dan misi pemerintahan lima tahun ke depan.

"Agar seluruh ASN dilingkungan Kemendagri, BNPP, IPDN, dan Daerah tegak Lurus memahami visi-misi Presiden dan Wapres terpilih hasil Pemilu 2019," kata Tjahjo kepada wartawan, Senin (15/7) malam.

Menteri dari PDI Perjuangan ini juga menyebut pentingnya pemahaman semua ASN terkait implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan visi dan misi Jokowi-Ma'ruf.

Menurutnya, pelaksanaan reformasi birokrasi dan pembuatan inovasi birokrasi di semua tingkatan harus dilakukan. Perbaikan layanan publik serta penyusunan perencanaan program kerja dan berbagai kebijakan juga harus dilakukan dengan memegang kaidah-kaidah Pancasila.

"Agar antara pemerintah pusat dan Kementrian, Lembaga sampai Daerah terintegrasi dan mempunyai garis kebijakan yang sama," katanya.

Dalam visi yang dibacakan dua hari lalu Jokowi menyebut lima poin besar dalam pidatonya. Kelima visi itu disampaikan di Sentul International Convention Center (SICC) pada acara bertajuk "Visi Indonesia."

Jokowi menyampaikan visi melanjutkan pembangunan infrastruktur, memprioritaskan pembangunan SDM dengan memberi jaminan kesehatan dan pendidikan, menarik investasi sebanyak-banyaknya ke Indonesia, melakukan reformasi birokrasi, dan mengalokasikan APBN untuk kemajuan serta kesejahteraan masyarakat.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia