Waketum Gerindra & Rusdi Kirana Mundur dari Pencalonan Anggota BPK

Rusdi Kirana - Antara/M. Agung Rajasa
05 Juli 2019 01:17 WIB Edi Suwiknyo News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dua calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dikabarkan mengundurkan diri dalam bursa pencalonan pemimpin lembaga auditor negara tersebut.

Adapun dua calon yang dimaksud adalah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono dan Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana.

"Betul, mereka menarik berkas pendaftarannya sebagai anggota BPK," kata anggota Komisi XI M. Misbakhun di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Sepeti diketahui, Komisi XI DPR tengah melakukan evaluasi administrasi kepada calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Evaluasi administrasi diperlukan untuk menentukan sosok calon pengganti anggota BPK yang masa jabatannya berakhir pada Oktober 2019 mendatang.

Senin lalu, Komisi XI DPR telah menerima 64 pendaftar calon pimpiman di lembaga auditor tersebut. Dari nama-nama yang beredar, terdapat politisi yang sebagian gagal saat pemilihan legislatif kemarin.

Beberapa nama politisi tersebut diantaranya Nurhayati Ali Assegaf dari Partai Demokrat, Ferry Joko Juliantono, Haerul Saleh, Wilgo Zainar, hingga Pius Lustrilanang dari Partai Gerindra.

Di PDI Perjuangan terdapat nama Daniel Lumban Tobing, politisi PDI Perjuangan ini tercatat sebagai calon legislatif di Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar VII.

Adapun para pendaftar tersebut akan memperebutkan lima posisi pimpinan BPK yang akan selesai Oktober tahun ini.

Kelima posisi itu yakni sebelumnya dijabat oleh Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara, Harry Azhar Azis, Rizal Djalil, Achsanul Qosasih, dan Eddy Mulyani Soepardi (alm).

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia