Advertisement

Trump Presiden AS Pertama yang Injakkan Kaki di Tanah Korea Utara

John Andhi Oktaveri
Senin, 01 Juli 2019 - 03:57 WIB
Budi Cahyana
Trump Presiden AS Pertama yang Injakkan Kaki di Tanah Korea Utara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam konferensi pers di Hotel JW Marriott, di Hanoi, Vietnam, Kamis (28/2/2019). - REUTERS/Jorge Silva

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden AS, Donald Trump melangkah ke tanah Korea Utara untuk pertama kalinya saat bertemu dengan Pemimpin Korea UItara Kim Jong-un di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membagi dua Semenanjung Korea, Minggu (30/6/2019).

Pertemuan sembari jabat tangan itu merupakan tontonan diplomatik simbolis dan yang pertama dilakukan seorang presiden Amerika Serikat.

Advertisement

Setelah berjabat tangan dengan Kim tepat pada garis batas yang menandai kedua negara Trump berjalan beberapa langkah ke wilayah Korea Utara, sebelum berjabat tangan lagi.

Kedua pemimpin itu kemudian berjalan ke wilayah Korea Selatan bersama-sama dan berhenti sejenak untuk sesi foto. Keduanya bergabung dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

"Ini hari yang hebat bagi dunia dan merupakan kehormatan bagi saya untuk berada di sini," kata Trump seperti dikutip CahnnelNwsAsia.com, Minggu (30/6).

Trump menanambahkan bahwa banyak hal besar yang terjadi.

Pertemuan dadakan di DMZ, yang terjadi setelah Trump mengeluarkan ajakan kepada Kim di Twitter pada Sabtu, dilakukan setelah negosiasi antara Pyongyang dan Washington mengenai persenjataan nuklir Korea Utara menemui jalan buntu di Hanoi Februari lalu.

KTT pertama mereka berlangsung dalam sorotan antusias media massa di Singapura tahun lalu, tetapi menghasilkan janji yang tidak jelas tentang denuklirisasi. Sedangkan pertemuan kedua di Vietnam pada bulan Februari gagal mencapai kesepakatan. 

Sejak itu Pyongyang sering mengeluarkan kritik terhadap posisi AS. Namun kedua pemimpin kemudian saling kirim pesan lewat Twitter hingga dicapai kesepakatan untuk bertemu pada Sabtu kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : channelnewsasia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement