Advertisement

Ini Jawaban Jokowi Ketika Ditanya Kapan Ketemu Prabowo

Adib Muttaqin Asfar
Minggu, 30 Juni 2019 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Ini Jawaban Jokowi Ketika Ditanya Kapan Ketemu Prabowo Presiden Jokowi menyampaikan keterangan kepada wartawan seusai bertemu dengan Presiden ketiga RI BJ Habibie di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5/2019). - Antara/Puspa Perwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno absen dalam penetapan Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin sebagai calon presiden-calon wakil presiden terpilih di KPU, Minggu (30/6/2019) sore. 

Seusai acara penetapannya sebagai capres terpilih Gedung KPU, Jokowi menggelar konferensi pers. Salah satu pertanyaan yang dilontarkan para awak media adalah soal kapan dia bertemu dengan Prabowo. Jokowi tak menyebutkan tanggal, namun menyarankan agar pertanyaan itu disampaikan kepada Prabowo.

Advertisement

"Kapan ketemu Pak Prabowo? Tanyakan ke Pak Prabowo kapan ketemu Pak Jokowi," jawab Jokowi.

Selain soal wacana pertemuan dengan Prabowo, Jokowi juga ditanya soal kemungkinan parpol-parpol pengusung Prabowo-Sandiaga bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Maruf. Dia mengaku butuh waktu untuk membicarakannya lebih dulu dengan parpol-parpol anggota koalisi.

"Saya perlu waktu, karena saya juga perlu bicara dengan yang sudah ada di dalam, Koalisi Indonesia Kerja. Tapi seperti yang sudah saya sampaikan, kita terbuka untuk siapapun bersama-sama membajukan negara ini, bersama-sama membangun negara ini," jelas Jokowi.

Tapi secara umum, Jokowi meyakini rivalnya dalam pemilihan presiden lalu, Prabowo-Sandiaga akan menjadi rekannya untuk membangun Indonesia menjadi negara yang maju, adil, dan makmur ke depannya.

"Saya yakin beliau berdua adalah patriot yang menginginkan negara kita makin kuat, makin maju, dan makin adil makmur," tambahnya.

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 98/PL.01.8-Kpt/06/KPU/V/2019 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD, dan DPRD Kabupaten/Kota secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 serta memperhatikan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 01/PHPU-PRES/XVII/2019 tanggal 27 Juni 2019, KPU menetapkan pasangan calon nomor urut 01 Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Pasangan calon nomor urut 01 ini mendapatkan perolehan suara sebanyak 85.607.362 suara atau 55,5 persen dari total suara sah nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement