Advertisement

Tak Tergantikan, Megawati Soekarnoputri Dipastikan Jabat Lagi Ketua Umum PDIP

Newswire
Kamis, 20 Juni 2019 - 14:17 WIB
Bhekti Suryani
Tak Tergantikan, Megawati Soekarnoputri Dipastikan Jabat Lagi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. - Okezone/Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Megawati Soekarnoputri belum akan tergantikan sebagai orang tertinggi di PDIP.

Politisi senior PDI Perjuangan yang juga menjabat Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo memastikan Megawati Soekarnoputri akan tetap menjabat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

Advertisement

Kepastian Megawati kembali menjabat ketua umum, kata Tjahjo, didasari oleh keinginan dari seluruh ketua DPD yang membawa aspirasi atau suara kader di daerah.

"Sudah diputuskan kemarin semua teman-teman ketua DPD se-Indonesia sudah meminta karena apa pun partai menang di bawah kempimpinan Ibu Mega," kata Tjahjo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Meski posisi ketua umum sudah dipastikan dijabat Megawati. Namun saat ini PDI Perjuangan tengah mencari figur untuk mengisi posisi baru dalam Dewan Pimpinan Pusat, yakni Ketua Harian.

Mantan Sekjen PDI Perjuangan itu menuturkan, pembahasan terkait posisi ketua harian partai baru akan dibahas dalam pelaksanaan Kongres V PDI Perjuangan, Agustus 2020.

"Nanti dibahas di kongres. Apakah bentuknya wakil ketua umum, ya kan penyempurnaan saja. Tapi kendali partai tetap pada Ibu Megawati," ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, masih banyak aspirasi yang menginginkan Megawati Soekarnoputri untuk kembali menjabat sebagai ketua umum.

Aspirasi tersebut datang dari kalangan arus bawah atau wong cilik yang disampaikan oleh seluruh ketua DPD PDI Perjuangan dalam Rakernas IV di DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Meski begitu, kata Hasto, keputusan terkait jabatan ketua umum baru akan dibahas lebih lanjut saat Kongres V PDI Perjuangan.

"Ya nanti di dalam Kongres. Tetapi ada juga aspirasi dari seluruh ketua DPD PDI Perjuangan yang mohon kesediaan ibu ketua umum untuk berkenan memimpin kembali PDI perjuangan, itu suara arus bawah," kata Hasto, Rabu (19/6/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Kamis 25 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement