Ani Yudhoyono Bikin Baju Lebaran Bermotif Burung Syurga Sebelum Meninggal

Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Eddie Baskoro Yudhoyono berdiri di dekat jenazah almarhumah Ibu Ani Yudhoyono ketika disemayamkan, di Kedutaan Besar Indonesia, di Singapura, Sabtu (1/6/2019). - Antara/M N Kanwa
03 Juni 2019 23:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Kenangan manis almarhumah Ani Yudhoyono diceritakan salah satu menantunya.

Annisa Pohan, istri Agus Harimurti Yudhoyono, mengatakan mendiung mertuanya yakni almarhumah Ani Yudhoyono sudah mempersiapkan pakaian untuk dikenakan saat perayaan Idul Fitri 1440H.

Pakaian tersebut merupakan batik bewarna hitam bermotifkan gambar burung.

Annisa menjelaskan, motif burung yang dipilih oleh Ani untuk batik hitamnya tersebut ialah Phoenix. Belakangan, Annisa mengetahui bahwa motif Phoenix tersebut bermakna burung surga.

"Jadi tahun ini ibu menyiapkan batik, ini juga menarik sih sebenarnya. Batik warnanya hitam bergambar burung Phoenix. Saya tanya ke sahabat maknanya apa sih burung ini. Katanya burung surga, simbol keanggunan dan kekuatan perempuan," tutur Annisa di Cikeas seusai tahlilan hari ketiga mendiang Ani, Senin (3/6/2019).

Ani Yudhoyono, kata Annisa, juga meminta dicarikan atasan berwarna putih gading untuk dikenakan saat Lebaran.

Padahal, kata Annisa, tahun-tahun sebelumnya menjelang lebaran, Ani selalu memilih pakaian dengan warna cerah.

"Ibu bilang, Nis tolong carikan atasan yang warnanya putih gading. Jarang sekali ibu memilihkan baju yang warnanya monochrome, karena biasanya berwarna. Sebab kan bagus untuk foto bersama. Iya itu selalu alasan ibu setiap tahun," kata Annisa.

Kekinian diketahui bahwa batik hitam bermotif phoenix tersebut dipakai untuk menyelimuti jenazah Ani saat masih berada di National University Hospital, Singapura.

Sumber : Antara