Advertisement

Bentrok di Lapas Brazil, Puluhan Napi Tewas Dicekik

Newswire
Selasa, 28 Mei 2019 - 14:47 WIB
Sunartono
Bentrok di Lapas Brazil, Puluhan Napi Tewas Dicekik Lapas Cebongan, Sleman. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SAO PAULO--Sedikitnya 40 tahanan di Brazil dicekik hingga tewas di empat penjara di kota hutan Manaus Amazon pada Senin (27/5/2019). Manaus merupakan lokasi bentrokan antarmusuh geng penjara yang menewaskan 15 orang sehari sebelumnya, kata pihak berwenang.

Dikutip Antara, pasukan satuan federal diterjunkan ke Manaus untuk menghentikan kekerasan. Bentrokan di penjara sering menyebar dengan cepat di Brazil, tempat kelompok-kelompok penjahat narkoba secara de facto mengendalikan hampir seluruh penjara.

Advertisement

Pada Januari 2017, hampir 150 tahanan tewas selama tiga pekan kekerasan di utara dan timur laut Brazil, saat geng setempat yang didukung dua kelompok penjahat narkoba terbesar Brazil - Komando Utama Ibu Kota dan Komando Merah- menghabisi satu sama lain.

Pernyataan dari departemen pemasyarakatan Negara Bagian Amazon memperbarui jumlah korban tewas yang terjadi pada Senin dari 42 menjadi 40. Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa pihak berwenang berhasil merebut kembali kendali atas empat penjara. Tidak ada informasi lain yang diberikan.

Sedikitnya 15 tahanan tewas di salah satu penjara di Manaus pada Minggu (26/5). Menurut pihak berwenang, mereka tewas akibat dicekik dan ditikam.

Presiden Brazil Jair Bolsonaro berjanji akan merebut kembali kendali penjara-penjara di negaranya  dan membangun lebih banyak lagi penjara.

Namun, sebagian besar penjara ditangani di tingkat negara bagian. Selama beberapa dekade, penjara menampung tahanan melebihi kapasitas mereka dan di luar kendali pihak berwenang setempat. Penjara-penjara pada dasarnya dijadikan sebagai pusat perekrutan bagi geng narkoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Kamis 18 April 2024

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement