Advertisement

Apa yang Terjadi di Balik Wajah Datar Sandiaga? Ini Menurut Analisis Ahli Emosi

Newswire
Jum'at, 19 April 2019 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
Apa yang Terjadi di Balik Wajah Datar Sandiaga? Ini Menurut Analisis Ahli Emosi Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) bersama cawapres Sandiaga Uno dan petinggi partai pendukung mengangkat tangan saat mendeklarasikan kemenangannya pada Pilpres 2019 kepada awak media di kediaman Kertanegara, Jakarta, Kamis (18/4/2019). - Antara/Indrianto Eko Suwarso

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Foto-foto calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno yang tampak datar saat Prabowo Subianto mengklaim kemenangan di Pilpres 2019 bersama petinggi partai politik dan para pendukungnya dianalisis ahli analisis emosi Handoko Gani.

Handoko menggunakan alat facial action coding system (FACS) untuk menelisik ekspresi wajah seseorang berdasarkan pergerakan otot wajah atau action unit (AU).

Advertisement

“Saya menggunakan tingkat analisis wajah yang lebih advanced dari micro expression [sebuah ekspresi singkat pada wajah sesuai dengan emosi yang sedang terjadi],” kata Handoko saat dihubungi Suara.com, jaringan harianjogja.com, Jumat (19/4/2019).

Dari pengamatan itu menggunakan alat tersebut, Handoko menemukan sejumlah kode ekspresi yang menandakan ada kemarahan yang disimpan Sandiaga saat Prabowo klaim kemenangannya atas rivalnya, capres petahana Joko Widodo.

Kode ekspresi yang ditampilkan dari foto datar Sandiaga tersebut, yakni AU L4D + R4E (alis turun pada level optimal / Brow Lowerer), + AU 5E (kedua mata terbuka lebar pada level optimal / Upper Lid Raise), + AU 12C (ujung bibir tertarik /Lip corner puller), + AU 24C (bibir mengulum masuk membuat bibir sperti rapat tertekan / Lip presser).

“Kalau cuma dari foto itu, kita hanya bisa menetapkan emosi apa yang sedang dirasakan Pak Sandiaga, yaitu marah atau tidak suka pada sesuatu,” kata dia.

Handoko juga melihat ketidaksenangan dari gestur dan ekspresi Sandiaga ketika tak mengangkat tangannya terlalu tinggi saat deklarasi kemenangan yang disampaikan Prabowo. Dari foto tersebut, ia melihat ketidaksenangan adanya selebrasi kemenangan bersama Prabowo dan Koalisi Adil Makmur.

“Ini salah satu puzzle penting yang mengungkap bahwa Pak Sandi tidak senang dengan selebrasi tersebut. Hanya beliau yang mengangkat tangannya sedikit begitu. Dan ekspresi wajahnya pun begitu.”

Sebelumnya, ekspresi Sandiaga Uno yang ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Pasalnya, ekspresi Sandiaga terlihat lemah dan lesu saat mendampingi Prabowo Subianto yang mendeklarasikan kemenangan Pilpres di kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (18/4/2019) kemarin.

Selama Prabowo menyampaikan deklarasinya tersebut, Sandiaga hanya membisu. Sesekali Sandiaga menundukan kepalanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tanah 3 SD Negeri Kulonprogo Masih Milik Warga, Disdikpora Fasilitasi Pembebasannya

Kulonprogo
| Jum'at, 26 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement