Advertisement

Semakin Kompetitif, Ini Survei Elektabilitas Versi Voxpol Center Research and Consulting

Reni Lestari
Kamis, 11 April 2019 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Semakin Kompetitif, Ini Survei Elektabilitas Versi Voxpol Center Research and Consulting DEBAT KEEMPAT CALON PRESIDEN 2019 Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) disaksikan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) bersiap mengikuti debat capres 2019 putaran keempat d Jakarta, Sabtu (30/3). Keduanya akan beradu gagasan dan program dalam tema debat ke-4 Pilpres 2019, yaitu ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional/JIBI - Bisnis/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Voxpol Center Research and Consulting melakukan survei dengan metode multistage random sampling pada 18 Maret-1 April 2019. Hasilnya, elektabiltas Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandiaga semakin kompetitif.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, peta politik semakin kompetitif dan selisih elektabilas kedua pasang kandidat sudah semakin dekat.

Advertisement

Pasangan Joko Widodo-Maruf Amin masih memimpin dengan perolehan 48,8% dan pasangan Prabowo-Sandi 43,3% dengan 7,9% yang masih belum menentukan pilihan atau termasuk undecided voters.

"Itu artinya, selisih elektabilitas kedua pasangan ini hanya terpaut 5,5 persen, kedua kandidat dan tim suksesnya harus bekerja keras mengamankan peluang memenangkan kontestasi 17 April 2019 yang tinggal menghitung hari," kata Pangi dalam keterangan tertulis, Kamis (11/4/2019).

Jumlah sampel dalam survei adalah 1.600 dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,45% pada tingkat kepercayaan 95%. Survei ini menjangkau 34 provinsi secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir.

Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa/kelurahan terpilih.

Partai Politik

Survei ini juga menunjukkan bahwa jika pemilu legislatif dilaksanakan saat survei ini dilakukan, maka dua partai pengusung kandidat capres mendapat pengaruh coattail effect, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sebesar 24,1% , disusul Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebesar 19,3%. Elektabilitas partai-partai di luar kedua partai tersebut berada di bawah 10%.

PDI-P dalam hal ini berpotensi kuat sebagai pemenang pemilu 2019 karena selain mempunyai asosiasi kuat terhadap figur presiden inkumben Jokowi, penyerentakan pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019, menciptakan bekerjanya struktur coattail effect, yaitu potensi tergiringnya suara pemilih capres terkuat untuk memilih partai pengusung/pendukungnya.

Sementara itu, pada posisi berikutnya Partai Golongan Karya (9,5%), Partai Kebangkitan Bangsa (6,1%), Partai Demokrat (5,7%), Partai Nasional Demokrat (4,3%), Partai Amanat Nasional (4,1%). Sebanyak tujuh partai tersebut memenuhi ambang batas parlemen 4 persen dan dipastikan berpotensi lolos ke senayan.

"Sementara itu, PKS, PPP, dan Hanura sebagai partai lama terancam crashed dari parlemen, jika tidak mampu merebut hati undecided voter," ujarnya.

Namun demikian, masih ada beberapa partai yang berpeluang lolos ke Senayan dengan mempertimbangkan margin of error, PKS (3,9 %), Perindo (3,3%), PPP (2,9%). Perindo menjadi satu-satunya partai baru yang mempunyai peluang besar lolos ke senayan.

Sisanya partai-partai lain elektabilitasnya di bawah 2%, seperti Hanura (1,1%), PBB (0,3%), PSI (0,2%), Berkarya (0,2%), PKPI (0,1%), Garuda (0,1%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Program Padat Karya, Pemkab Bantul Sediakan Bantuan Keuangan Khusus Rp32 Miliar

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement